Konser Bersratus Digelar Gratis, Once Mekel Ingin Masyarakat Ikut Rayakan Hari Musik Nasional

Kamis, 16 Maret 2023 - 22:26 WIB
loading...
Konser Bersratus Digelar Gratis, Once Mekel Ingin Masyarakat Ikut Rayakan Hari Musik Nasional
Konser Bersratus yang akan digelar pada 18 Maret mendatang dipersembahkan untuk memeriahkan Hari Musik Nasional yang ke-20. / Foto: Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Merayakan Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret, Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Kibordis untuk Bangsa Indonesia (KUBI) akan menggelar konser akbar bertajuk Konser Bersratus pada 18 Maret 2023.

Mengusung tema Musik Indonesia Keren, konser akbar ini akan digelar di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Ketua Pelaksana Konser Bersratus, Elfonda Mekel alias Once mengatakan bahwa konser ini digelar secara gratis agar perayaan Hari Musik Nasional lebih bermasyarakat untuk semua dan tercipta semangat kebersamaan.



"Konser ini ada 100 penyanyi, 100 kibordis dan musisi pendukung lainnya yang akan tampil. Mereka berasal dari berbagai genre musik. Mulai dari musik tradisi, musik berbahasa daerah, pop, rock hingga jazz. Semuanya mencerminkan tekad kita bersama bahwa Musik Indonesia Keren," tutur Once dalam jumpa pers Konser Bersratus di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023).

Once juga menyebutkan jika konser ini digelar dengan semangat kebersamaan antar musisi, sehingga sebagian besar musisi yang tampil mendapat honor di bawah tarif pada umumnya.

"Saya hubungi sendiri musisinya. Proses bertahap, pertama saya hubungi 35 musisi lebih satu persatu, dari Reza Artamevia, Mama Ina, Sandhy Sondoro," ungkap Once.

"Beberapa artis dibayar di bawah bayaran mereka, jadi bukan sukarela 100 persen. Ada bayaran juga cuma tetap itu pertemanan. Jadi bukan hanya kinerja panitia, tapi temen musisinya mau merayakan musik bareng dan bersedia dibayar ala kadar," jelas mantan vokalis Dewa 19 ini.

Pada saat yang sama, Sekretaris Umum PAPPRI, Dwiki Dharmawan mengemukakan bahwa PAPPRI sebagai wadah organisasi para pencipta lagu, penyanyi, dan pemusik Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong perbaikan ekosistem musik di Tanah Air.

Musisi 56 tahun ini menuturkan bahwa Konser Bersratus dipersembahkan untuk memeriahkan Hari Musik Nasional yang ke-20. "PAPPRI ingin setiap 9 Maret menjadi momentum bahwa kearifan lokal sebagai basis utama industri musik Indonesia. Yang penting maju musiknya, sejahtera pelakunya, sehat ekosistemnya dan masyarakat pecinta musik senang," paparnya.



Sementara itu, dari ratusan musisi yang meramaikan Konser Bersratus, di antaranya terdapat nama Marcell Siahaan, Vina Panduwinata, Sarah Fajira, Andre Hehanussa, Candra Darusman, Fariz RM, Andi Bayou, Indra Qadarsih, Iwang Noorsaid, dan banyak lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)