Bahas Perubahan Status Pandemi Jadi Endemi, Menkes Budi: Ketemu WHO Bulan Ini

Senin, 20 Maret 2023 - 13:05 WIB
loading...
Bahas Perubahan Status Pandemi Jadi Endemi, Menkes Budi: Ketemu WHO Bulan Ini
Menkes Budi Gunadi mengaku akan segera mendatangi WHO untuk membahas status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi di Indonesia. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku akan segera mendatangi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) untuk membahas status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

"Ketemu WHO bulan ini, doain ya," ungkap Menkes Budi kepada wartawan usai Acara Penghargaan PPKM Award di Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (20/3/2023)

Rencana pertemuan ini, sebelumnya sudah disampaikan juga oleh Menkes Budi pada Januari lalu untuk membicarakan usulan pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Saya akan datang (ke WHO) pada bulan Maret untuk bilang, ini Indonesia kan sudah beres, ya, ada negara-negara yang lebih buruk dari Indonesia, tapi sudah banyak yang merasa beres," ungkap Budi.



"Jadi, yuk pelan-pelan ditarik status pandeminya," kata Menkes Budi dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara daring.

Bahkan, ia mengaku akan bilang ke Dirjen WHO untuk mencabut status pandemi Covid-19 secara global pada 17 Agustus 2023. Sebab itu jadi momen tepat bersamaan hari Kemerdekaan Negara Indonesia.

"Kami juga mau bujuk Pak Tedros (Dirjen WHO) untuk tarik status pandemi Covid-19 di tanggal 17 Agustus 2023, karena itu hari kemerdekaan Republik Indonesia," ungkapnya.

"Walau belum tentu berhasil (dapat tanggal pencabutan pandemi di 17 Agustus 2023), tapi seenggaknya ada bagusnya jika disampaikan," katanya lagi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2711 seconds (0.1#10.140)