Mengapa Lagu Indonesia Sangat Populer di Malaysia, namun Tidak Berlaku Sebaliknya?

Selasa, 21 Maret 2023 - 06:23 WIB
loading...
A A A
Bahkan, saat itu, lagu ciptaannya yang berjudul Bahtera Laju menempatkan dirinya sebagai pedendang irama Melayu nomor satu di Indonesia. Said Effendi banyak mencipta lagu-lagu yang sebagian besar populer pada masanya, baik itu di Malaysia, Brunei, maupun Indonesia sendiri.

Selain itu, para penyanyi dan musisi Indonesia hingga era 1977-an diketahui banyak yang melakukan rekaman di Malaysia dan Singapura. Meski sejak 1950-an Indonesia telah memiliki perusahaan rekaman sendiri.

Kemungkinannya disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari karena bayaran yang diterima lebih besar, teknologi yang lebih maju, dan gengsi penyanyi serta musisi sebagai artis yang pernah rekaman di luar negeri, atau studio rekaman di Malaysia dan Singapura kekurangan penyanyi dan musisi.

Faktor lain dimungkinkan oleh banyaknya lagu-lagu Indonesia yang disukai masyarakat Malaysia dan Singapura. Kemudian juga perusahaan rekaman Singapura itu mengekspor kaset lagu-lagu berbahasa Indonesia ke Malaysia, suatu negara yang masyarakatnya juga menyukai lagu-lagu Indonesia.

Misalnya, pada awal 1962-an, lagu-lagu Koes Bersaudara mendominasi tangga urutan lagu-lagu yang populer di radio-radio Singapura dan Malaysia. Lagu Pagi Indah dan Oh Kau Tahu dianggap saingan berat duet The Everly Brothers dari Amerika Serikat dengan lagunya yang hits, All I Have To Do dan Devoted to You.

Penyanyi-penyanyi Indonesia yang pernah rekaman di Singapura antara lain Alfian, Lilis Syarif, Tiar Ramon, Emilia Contessa, Inneke Kusumadewi, Aida Mustafa, Bimbo, Khatanti Yosepha (Tanti Yosepa) dan Wirdaningsih.

Any Ray, Ivo Nilakresna, Titik Puspa, Sutan Suti dan Zulkarnain adalah penyanyi yang dikontrak oleh Philips. Band yang sering menjadi pengiring penyanyi Indonesia pada perusahaan rekaman Philips adalah Zaenal Combo dan Eka Sapta. Keduanya dari Indonesia.

Hingga pertengahan tahun 1970-an beberapa penyanyi dan musisi Tanah Air masih rekaman di Singapura. Pada 1976, The Kids membuat rekaman berjudul Salam Kasih dari Jakarta dan Indonesia Pusaka.

Pada 1977, Marini rekaman di studio Philips Singapura dengan iringan The Step. Benyamin S sudah terkenal di Malaysia sejak 1960-an karena sering manggung di negara itu.

Anita Tourisia, kemudian Maya Sopha, Ida Royani, Ivo Nilla, dan Deddy Damhudi adalah penyanyi-penyanyi yang pernah melakukan pertunjukan di Malaysia. Sementara, Aida Mustafa sering muncul di TV Malaysia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)