Mengapa Lagu Indonesia Sangat Populer di Malaysia, namun Tidak Berlaku Sebaliknya?

Selasa, 21 Maret 2023 - 06:23 WIB
loading...
A A A


Beberapa nama penyanyi dan musisi lainnya yang terkenal di Malaysia adalah Ervina, Broery Pesolima, Hetty Koes Endang, kemudian band D'Llyod, Emilia Contessa, mendiang Bob Tutupoly, dan Koes Plus.

Tenarnya artis Indonesia di Malaysia bisa dikatakan terjadi pada 1970-an. Mereka sudah mendapat tempat yang istimewa di hati peminat lagu-lagu Melayu di Malaysia. Dekade 1970-an adalah era emas artis-artis Indonesia menguasai pasaran musik di Malaysia.

Lagu rock menguasai pentas hiburan Malaysia pada dekade 1980-an dan 1990-an. Namun, saat itu kehadiran artis-artis Indonesia di Malaysia tidak terlalu menonjol.

Meskipun demikian bukan berarti tidak ada sama sekali. Pasalnya, artis yang berkarier sejak 1970-an masih digemari oleh masyarakat Malaysia pada tahun-tahun 1980-dan 1990-an.

Fenomena artis-artis Indonesia yang populer di Malaysia pada dekade pertengahan 1990 dan 2000-an diwarnai pula oleh kehadiran artis yang pada saat itu digolongkan sebagai anak muda seperti Krisdayanti, Melly Goeslaw, Sheila On 7, Gigi, Dewa, dan Peterpan. Mereka meneruskan kepopuleran artis Indonesia di Malaysia.

Musisi-musisi Indonesia lantas banyak menuai sukses di Malaysia sepanjang hubungan musik pop Indonesia-Malaysia berlangsung. Pada era 2000-an lagu-lagu Indonesia dapat dikatakan mendominasi musik di Malaysia.

Hal tersebut terlihat dari musik yang disiarkan di radio, tv, maupun pertunjukan-pertunjukan musik artis Indonesia di Malaysia.



Sebelumnya, kehadiran musik Indonesia memang tidak pernah dipersoalkan atau tidak muncul ke permukaan. Namun, pada era 2000-an akhirnya munculah suara-suara sumbang tentang dominasi musik Indonesia di Malaysia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)