Cara Kerja dan Keuntungan Lampu LED yang Wajib Diketahui

Selasa, 21 Maret 2023 - 09:08 WIB
loading...
Cara Kerja dan Keuntungan Lampu LED yang Wajib Diketahui
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Lampu LED (Light Emitting Diode) dikenal memiliki usia pakai yang lebih efisien dibandingkan lampu bohlam. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan lampu yang satu ini di rumah mereka. Namun, tahukah Anda sebenarnya fungsi lampu LED?

Lampu LED adalah komponen elektronik yang memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. Karena LED tidak memerlukan pembakaran filamen, sehingga tidak menimbulkan panas dalam menghasilkan cahaya.



Cara kerja lampu LED

Cara kerja lampu LED mirip dengan cara kerja Dioda yang memiliki 2 kutub yakni kutub positif dan kutub negatif. Lampu LED yang memiliki chip semikonduktor yang akan menimbulkan junction positif dan negatif dan menghasilkan kelistrikan.

Lampu LED memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju yang dapat digolongkan sebagai transduser yang berperan untuk mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.

Sederet keuntungan kalau Anda menggunakan lampu LED

Efisiensi listrik lebih baik

Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon. Beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3526 seconds (0.1#10.140)