Tips Mudik Bareng si Kecil ala Travel Blogger Kadek Arini

Selasa, 21 Maret 2023 - 11:00 WIB
loading...
Tips Mudik Bareng si Kecil ala Travel Blogger Kadek Arini
Ibu ingin melakukan perjalanan bareng anak yang masih balita. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ramadan sebentar lagi akan tiba, dan tak lama kemudian Idul Fitri pun menjelang. Sesuai tradisi dari tahun ke tahun, di momen hari raya tersebut biasanya masyarakat kota akan mudik ke kampung halaman ataupun liburan bersama seluruh anggota keluarga.

Nah, buat yang punya anak kecil, perjalanan mudik tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Terkait hal itu, Travel Blogger Kadek Arini sudah merasakannya. Ibu satu anak ini mengaku, kini dirinya harus melakukan persiapan yang matang sebelum memutuskan untuk bepergian jauh bareng si buah hati.

"Kalau dulu, traveling sendirian bisa sesuka hati. Sekarang, semua harus dipikirkan secara matang karena sudah punya bayi! Makanya, aku bagi-bagi tips ke sesama orang tua yang mau pulang kampung atau liburan di Lebaran nanti," papar Kadek Arini melalui keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).
Tips Mudik Bareng si Kecil ala Travel Blogger Kadek Arini

Foto/Dok airasia Super App

Berikut tips merencanakan perjalanan bersama di kecil dari Kadek Arini.

1. Sesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal tidur si kecil

Situasi ketika si kecil rewel barang kali menjadi kekhawatiran banyak orang tua yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Bagi Anda yang berencana bepergian dengan pesawat, Kadek Arini menyarankan untuk memilih waktu penerbangan sesuai dengan jadwal tidur si kecil.

“Saya biasanya beli tiket pesawat yang jadwalnya sama dengan waktu tidur siang anak. Jadi, selama penerbangan itu dia ikut tidur, nggak nangis, nggak cranky. Terus, ketika landing dia segar deh buat lanjut jalan-jalan,” ujar ibu dengan balita berusia 11 bulan itu.

2. Kemas makanan ringan dan mainan untuk mendistraksi

Tekanan udara di atas pesawat terkadang menimbulkan rasa pekak pada telinga. Wanita yang telah menjelajahi lebih dari 30 negara ini mengatakan, jika bayi masih diberi ASI eksklusif, itu akan lebih mudah.

"Ibu bisa menyusui bayi secara langsung, karena bayi juga akan merasa lebih aman dan nyaman dengan sentuhan skin-to-skin. Gerakan menghisap juga bisa membantu menyamakan perubahan tekanan udara di saluran telinganya. Tapi, kalau sudah balita, cara mendistraksinya berbeda. Bisa dengan dikasih snack atau mainan favorit supaya dia anteng,” bebernya wanita asal Bali itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)