4 Tips Mencegah Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:56 WIB
loading...
4 Tips Mencegah Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa Ramadan
Menjaga asupan makanan, gizi, dan cairan selama menjalani ibadah puasa merupakan hal yang sangat penting. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Menjaga asupan makanan, gizi, dan cairan selama menjalani ibadah puasa merupakan hal yang sangat penting. Ini agar tubuh tidak mudah kehausan (dehidrasi)

Dengan aktivitas yang cukup padat, cairan di dalam tubuh tentunya berkurang. Apabila kekurangan cairan, tubuh akan menjadi lemas.

Lalu, apa yang perlu dilakukan agar hal tersebut tidak terjadi saat sedang menjalani ibadah puasa Ramadan. Sebagaimana menukil laman The Star, berikut cara agar tidak mudah dehidrasi saat puasa.



1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein


Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine, sehingga membuang garam dan air dari tubuh. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan rasa haus, jadi untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, sebaiknya tetap minum air. Serta konsumsi juga kurma, supaya tubuh lebih berenergi.

2. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Kopi dan Teh


Kemudian, meskipun teh atau kopi menjadi minuman favorit, perhatikan cara mengonsumsinya saat Ramadan. Saat berpuasa, Anda perlu memperhatikan cara konsumsi teh atau kopi, terutama saat sahur.

Menurut Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, MARS , kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini juga akan berdampak pada rasa lemas yang akan timbul sejak pagi saat berpuasa.

"Konsumsi teh yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari saat sahur karena akan memicu rasa haus di siang hari, terutama di musim pancaroba dengan suhu udara yang dapat berubah secara ekstrem," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dokter Irwan, minuman terbaik pada saat sahur adalah air putih. Pastikan Anda minum air putih minimal dua gelas pada saat sahur.

3. Hindari Makanan Terlalu Pedas dan Asin


Makanan pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air, gunakan rasa ini dalam porsi kecil saja. Oleh karenanya dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan garam, atau rasa pedas dalam makanan Anda. Ini akan membuat tubuh jadi mudah dehidrasi dan mengeluarkan banyak cairan.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran


Ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda yang seharian berpuasa.



Kemudian makan buah dan sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi dapat membantu menghidrasi tubuh. Jenis buah dan sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi, dan menjadikannya sebagai sumber gizi dan sekaligus menyegarkan kembali tubuh Anda setelah berpuasa seharian.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)