4 Asupan Makanan dan Minuman Sahur Agar Kuat Puasa, Nomor 3 Jadi Cadangan Energi

Kamis, 23 Maret 2023 - 12:54 WIB
loading...
4 Asupan Makanan dan Minuman Sahur Agar Kuat Puasa, Nomor 3 Jadi Cadangan Energi
Asupan makanan dan minuman sahur agar kuat puasa seharian menarik untuk dibahas. Sebab, pemilihan menu makanan sahur menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat Anda akan menjalankannya. Foto/Ilustrasi/Pexels
A A A
JAKARTA - Asupan makanan dan minuman sahur agar kuat puasa seharian menarik untuk dibahas. Sebab, pemilihan menu makanan sahur menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat Anda akan menjalankannya.

Alasan asupan makanan dan minuman sahur diperhatikan, agar tubuh tidak mudah merasa lapar dan lemas saat menjalankan ibadah puasa saat pagi hingga sore hari.

Lalu asupan makanan dan minuman saat sahur apa saja agar kuat menjalankan ibadah puasa? Berikut informasinya sebagaimana dikutip dari dari beberapa sumber, Kamis, (23/3/2023).

1. Serat

Sudah bukan rahasia umum bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat memberi efek kenyang lebih lama. Pasalnya, serat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga, Anda pun tidak akan cepat merasa lapar usai mengonsumsi makanan yang mengandung serat ketika sahur.



Beberapa buah yang mengandung serat yang bisa Anda konsumsi saat sahur adalah kurma, pisang, pepaya, mangga, apel, pir, dan alpukat saat sahur. Sedangkan, sayur yang cocok untuk menu sahur antara lain sayur bening bayam, sup ayam jahe, dan capcay kuah.

2. Cairan

Tak hanya makanan yang mengandung serat, Anda juga harus mencukupi asupan cairan ketika sahur. Air putih berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga kamu terhindar dari risiko dehidrasi selama berpuasa.

Pola aturan minum air putih saat puasa yang bisa Anda terapkan yakni dengan pola 2-4-2, dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)