Tangani Pasien Katup Jantung Bocor, IJN Lakukan Prosedur TriClip

Jum'at, 24 Maret 2023 - 16:30 WIB
loading...
Tangani Pasien Katup Jantung Bocor, IJN Lakukan Prosedur TriClip
Institut Jantung Negara (IJN) melakukan prosedur TriClip untuk pasien yang menderita regurgitasi trikuspid parah atau katup jantung bocor pertama kali di Malaysia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Institut Jantung Negara (IJN) melakukan prosedur TriClip untuk pasien yang menderita regurgitasi trikuspid parah atau katup jantung bocor pertama kali di Malaysia. Prosedur baru ini adalah teknik invasif minimal yang menghilangkan kebutuhan akan operasi jantung terbuka.

"Prosedur TriClip bekerja untuk memperbaiki katup trikuspid dengan mengirimkan sistem klip ke jantung melalui vena femoralis di kaki. Dengan menyatukan sebagian katup trikuspid, alat ini mengurangi aliran balik darah di jantung," ujar Direktur Klinis Gagal Jantung dan Transplantasi Jantung IJN Datuk Dr Azmee Mohd Ghazi dalam keterangannya, dikutip Jumat (24/3/2023).

Dr Azmee mengatakan, prosedur ini dilakukan pada dua pasien di IJN pada 17 Maret 2023 oleh tim khusus yang terdiri dari Konsultan Senior Kardiolog Datuk Dr Amin Ariff Nuruddin, Konsultan Senior Ahli Bedah Kardiotoraks Datuk Seri Dr Jeffrey Jeswant Dillon dan Konsultan Senior Ahli Anestesi Datuk Dr Thiru Kumar Namasiwayam.

Dia menjelaskan, katup trikuspid terdiri dari tiga lipatan tipis jaringan sering disebut selebaran yang mengontrol aliran darah antara dua bilik kanan jantung. Regurgitasi trikuspid terjadi ketika katup trikuspid tidak dapat menutup dengan benar, menyebabkan darah mengalir mundur atau "memuntahkan".



"Hal ini pada gilirannya memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh," jelasnya.

Adapun gejala umum regurgitasi trikuspid meliputi kelelahan, sesak napas, dan pembengkakan di kaki dan perut. Namun, tanda-tanda ini seringkali tidak berkembang hingga kondisinya menjadi parah. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti fibrilasi atrium, sejenis gangguan irama jantung-dalam kasus yang lebih parah, pasien bahkan dapat mengalami gagal jantung atau kematian.

Sebelumnya, pilihan pengobatan untuk pasien dengan regurgitasi trikuspid parah terbatas pada pengobatan yang meringankan gejala atau operasi jantung terbuka untuk memperbaiki atau mengganti katup yang rusak.

“Sayangnya, pembedahan bukanlah pilihan yang layak bagi banyak orang, terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta, alat pacu jantung, atau kondisi mendasar lainnya-risiko menjalani pembedahan terlalu tinggi untuk kelompok ini. Dalam kasus seperti itu, prognosisnya cenderung buruk. Ketersediaan terapi yang inovatif dan terbukti seperti ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien secara signifikan,” kata Dr Azmee.

Dia menambahkan bahwa pasien juga akan mendapat manfaat dari periode pemulihan yang lebih cepat dan meminimalkan risiko komplikasi. Prosedur TriClip adalah tambahan terbaru untuk pilihan perawatan invasif minimal IJN yang semakin luas untuk pasien dengan katup jantung bocor.

Pada tahun 2021, pusat spesialis jantung ini adalah yang pertama di Asia yang memperkenalkan sistem Tricvalve Transcatheter Bicaval Valves, sebuah prosedur yang melibatkan sistem pengiriman preloaded katup kering. “Prosedur inovatif baru ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pengobatan dan hasil bagi pasien gagal jantung di Malaysia”, kata Dr Azmee

“Kami selalu bangga menjadi yang terdepan dalam perawatan jantung, dan dengan senang hati mendukung upaya tim kami dalam mendorong inovasi dalam perawatan pasien,” kata CEO IJN Datuk Dr Aizai Azan Abdul Rahim.

“Keberhasilan prosedur terbaru ini merupakan bukti komitmen IJN untuk meningkatkan kehidupan pasien — dengan setiap pilihan pengobatan mutakhir; lebih banyak pasien akan dapat menikmati kehidupan baru," tutupmya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)