Tips Jaga Produktivitas Bekerja Selama Ramadan, Begini Caranya!

Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:58 WIB
loading...
Tips Jaga Produktivitas Bekerja Selama Ramadan, Begini Caranya!
Usai pandemi Covid-19 mereda dan dicabutnya PPKM, tahun ini menjadi Ramadan pertama yang akhirnya dapat dirayakan kembali secara normal. Foto/Search Engine Journal
A A A
JAKARTA - Usai pandemi Covid-19 mereda dan dicabutnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tahun ini menjadi Ramadan pertama yang akhirnya dapat dirayakan kembali secara normal. Di fase transisi, masyarakat Indonesia saat ini seolah dituntut untuk kembali menjalankan sederet aktivitas rutin di luar rumah seperti sekolah dan bekerja.

“Kami memahami bahwa banyak masyarakat yang masih berusaha fokus melakukan adaptasi kembali untuk menjalani aktivitas di luar rumah. Di tengah kepadatan aktivitas mereka sehari-hari, kegiatan menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa kerap kali dapat menguras energi dan waktu,” ungkap Marketing Manager ShopeeFood Indonesia Regita Van Empel baru-baru ini.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Vina Muliana selaku Profesional Karir dan Konten Kreator membagikan beberapa kiat untuk tetap aktif dan produktif dalam bekerja selama menjalani ibadah puasa.



1. Tentukan Skala Prioritas Berdasarkan Urgensi dari Setiap Pekerjaan


Bagi para pekerja kantoran, perjalanan menjadi aktivitas rutin yang sangat menyita waktu. Untuk memaksimalkan waktu bekerja, Vina menyarankan untuk membuat skala prioritas pekerjaan berdasarkan tingkat urgensinya. Pastikan untuk fokus menyelesaikan urutan pekerjaan tersebut satu per satu agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Selain itu, Vina juga mengimbau para pekerja untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya hiburan seperti mengakses media sosial dalam durasi yang lama saat bekerja. Meskipun berprofesi sebagai konten kreator, Vina sangat membatasi waktunya mengakses media sosial agar waktunya dapat dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaannya yang lain.

2. Terapkan Teknik Pomodoro Agar Fokus

Melakukan perjalanan menuju kantor, ditambah lagi dengan upaya menahan lapar dan haus tentunya dapat turut memengaruhi kondisi tubuh dan mengurangi konsentrasi dalam bekerja. Itulah mengapa menjaga fokus dalam bekerja kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja, terutama mereka yang mudah teralihkan perhatiannya.

Untuk belajar lebih fokus dalam bekerja, Teknik Pomodoro dapat menjadi salah satu solusi yang efektif. Teknik pomodoro menerapkan manajemen pengaturan waktu bekerja dan istirahat. Di mana dapat menggunakan waktu selama 25 menit untuk fokus bekerja, dan setelah itu manfaatkan waktu 5 menit untuk melakukan istirahat pendek. Saat istirahat, Anda dapat mengisi waktu dengan melakukan hal yang menyenangkan seperti berbincang dengan rekan kerja, melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot, hingga mencari ide menu berbuka puasa di aplikasi pesan antar makanan.



3. Manfaatkan Kemudahan Teknologi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)