Resep Pastel Isi Bihun, Gorengan Nikmat untuk Buka Puasa

Sabtu, 25 Maret 2023 - 14:55 WIB
loading...
Resep Pastel Isi Bihun, Gorengan Nikmat untuk Buka Puasa
Pastel isi bihun merupakan salah satu jenis gorengan yang selalu tersaji saat buka puasa. Biasanya, pastel disantap bersama dengan cabai atau sambal kancang. Foto/Endeus TV
A A A
JAKARTA - Pastel isi bihun merupakan salah satu jenis gorengan yang selalu tersaji saat buka puasa . Biasanya, pastel disantap bersama dengan cabai atau sambal kancang pedas.

Perpaduan rasa gurih dan pedas menjadi perpaduan yang nikmat untuk buka puasa. Tak perlu membelinya, sebab Anda bisa membuat pastel isi bihun di rumah sebagai menu buka puasa.

Sementara itu, buka puasa menggunakan gorengan sendiri menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, sudah menjadi kebiasaan. Tertarik untuk membuatnya?

Resep Pastel Isi Bihun


Berikut resep membuat pastel isi bihun untuk buka puasa seperti dirangkum dari Endeus TV, Sabtu (25/3/2023).



Bahan:
Minyak goreng

Kulit:
225 g tepung terigu, ayak
½ sdt garam
100 ml air hangat
4 sdm minyak goreng

Isi:
2 sdm minyak goreng
8 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
75 g wortel, serut kasar
75 g kentang, potong dadu kecil
50 ml air
75 g bihun kering, seduh air panas, tiriskan
2½ sdt kaldu jamur
¼ sdt merica putih bubuk
2 butir telur rebus, cincang kasar

Pelengkap:
Sambal kacang



Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan wortel dan kentang, aduk hingga rata. Tambahkan air, masak hingga kentang matang. Masukkan bihun, kaldu jamur, merica, dan telur rebus, aduk cepat hingga rata. Angkat, biarkan dingin. Sisihkan.

Aduk rata tepung, garam, dan air hingga menjadi adonan. Masukkan minyak, uleni hingga adonan tidak lengket di tangan. Bulatkan, istirahatkan adonan selama 15 menit. Gilas adonan kulit setebal 0,5 cm. Cetak bentuk bundar diameter 10 cm.

Ambil 1 buah adonan kulit, letakkan 1 ½ sdm isi di bagian tengahnya. Lipat berbentuk setengah lingkaran. Pilin dan rapatkan bagian tepinya. Goreng pastel dalam minyak banyak panas hingga matang dan kecokelatan. Angkat, sajikan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)