Cara Membuat Apem Panggang, Takjil Khas Jawa Timur yang Gurih dan Empuk

Minggu, 26 Maret 2023 - 19:38 WIB
loading...
Cara Membuat Apem Panggang, Takjil Khas Jawa Timur yang Gurih dan Empuk
Apem Panggang khas dari Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang lebih gurih, empuk dan tekstur bersarang yanh berserat dan membuat kita ketagihan. Foto/Wiwie Heriyani/MPI
A A A
TANGERANG - Menu takjil tak melulu berupa gorengan, lontong, atau kolak pisang. Beberapa daerah memiliki sajian takjil yang khas. Salah satunya takjil khas Jawa Timur, Apem Panggang.

Tak perlu jauh-jauh ke Jawa Timur, di kawasan Tangerang Selatan, Anda bisa menemukan salah satu kudapan yang hanya bisa ditemukan di beberapa tempat ini.

Apem Panggang sendiri memiliki sebutan lain, yakni Apem Selong dan juga Apem Renda. Pasalnya, jenis Apem satu ini memiliki ciri khas pinggiran seperti renda.

Kue Apem merupakan salah satu jajanan pasar yang sangat khas dengan makanan tradisional Indonesia pada zaman dulu. Kue ini sangatlah terkenal di kalangan masyarakat karena rasanya yang pas dengan lidah orang Indonesia.



Namun, untuk Apem Panggang khas dari Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang lebih gurih, empuk dan tekstur bersarang yanh berserat dan membuat kita ketagihan.

Padahal, bahan dasar yang digunakan untuk membuat Apem Panggang cukup simpel, yakni tepung beras, tepung kanji, dan santan.

“Yang mendukung cita rasa Apem ini menjadi empuk dan kenyal adalah karena dipanggang di atas cetakan khusus dari tanah liat yang telah dipanaskan terlebih dahulu, mirip dengan pembuatan serabi khas Bandung,” ujar Rizki Ahmad, salah satu penjual Apem Panggang, yang ada di kawasan Kencana Loka, BSD, Tangerang Selatan.

Tips membuat kue apem panggang

Rizki melanjutkan, ciri khas Apem Panggang khas Jawa Timur adalah memiliki tekstur bersarang khas kue tradisional yang dipanggang. Nah, sarang ini juga sebagai penanda kalau apem panggang yang dibuat sukses besar.

Namun, masih banyak yang kesulitan mendapatkan sarang ini. Banyak yang masih salah membuat Apem Panggang sehingga hasilnya bantat tapi adonan dalamnya tidak matang.

Untuk itu, meski membuat adonannya terlihat gampang, tetap ada cara-cara yang harus dilakukan supaya apem panggang yang kita buat empuk dan lembut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)