Film Buya Hamka Tayang Jelang Lebaran, Begini Respons Sang Cicit

Minggu, 26 Maret 2023 - 18:42 WIB
loading...
Film Buya Hamka Tayang Jelang Lebaran, Begini Respons Sang Cicit
Film Buya Hamka yang diperankan oleh Vino G Bastian,Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, dan banyak lagi bakal tayang di seluruh bioskop Indonesia di momen menjelang lebaran, tepatnya pada 20 April 2023. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Haji Abdul Malik Karim (Hamka) atau lebih dikenal dengan sebutan Buya Hamka , memiliki jasa yang besar bagi bangsa Indonesia. Sebagai ulama dan sastrawan yang dikagumi semua kalangan, Buya Hamka diangkat pemerintah sebagai Pahlawan Nasional.

Layaknya pahlawan nasional yang harusnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Buya Hamka justru lebih memilih untuk dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir.

Ali Akbar Hasyemi, Cicit dari Buya Hamka mengungkapkan bahwa Nambo (sebutan kakek buyut) menolak untuk dimakamkan di TMP Kalibata. Padahal, saat itu pemerintah sudah menawarkan untuk di makamkan di TMP Kalibata. Bahkan,

“Ketika Buya Hamka meninggal, sudah ada tiga ambulan yang menunggu, diantaranya dari yayasan Bunga Rampai, Rumah Gadang dan pemerintah. Tapi, keluarga memilih untuk menggunakan ambulan dari Rumah Gadang dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, sesuai pesan Buya," ujar Ali Akbar Hasyemi dalam keterangannya, Minggu (26/3/2023).



Akbar menambahkan, alasan kenapa Buya Hamka lebih memilih untuk dimakamkan di TPU Tanah Kusir agar bisa dekat dengan masyarakat atau merakyat. "Seperti kita tahu, kalau untuk ziarah ke TMP Kalibata harus melewati berbagai proses perijinan. Buya Hamka ingin dekat dengan masyarakat, dan siapapun bisa berziarah kapan saja," tambahnya.

Perjuangan Buya Hamka yang begitu besar dalam dunia Islam Indonesia adalah sebagai pendiri Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain itu, karya-karya Buya Hamka dalam berdakwah diantaranya adalah Tafsir Al-Azhar, Tasawuf Modern dan Falsafat Hidup. Selain itu ada juga novel karya Buya Hamka seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Merantau Ke Deli dan Dibawah Lindungan Kabah.

Bagimana perjuangan Buya Hamka dalam berdakwah dan berjuang demi tegaknya kemerdekaan bangsa Indonesia? Semua terangkum dalam film Buya Hamka yang diperankan oleh Vino G Bastian,Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Mawar De Jongh, Mathias Muchus, Verdi Solaiman, Reybong.

Tak ketinggalan aktor aktris seperti Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama dan masih banyak lagi.

Film Buya Hamka sendiri bakal tayang di seluruh bioskop Indonesia di momen menjelang lebaran, tepatnya pada 20 April 2023.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)