Bangun Kesadaran untuk Mendapatkan Berat Badan yang Sehat

Rabu, 29 Maret 2023 - 21:12 WIB
loading...
Bangun Kesadaran untuk Mendapatkan Berat Badan yang Sehat
Kegiatan senam bersama yang digelar RS Premier Bintaro dalam rangka Hari Obesitas Sedunia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia, 13,5% orang dewasa usia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan dan 28,7% obesitas. Sementara, pada anak usia 5-12 tahun, sebanyak 18,8% kelebihan berat badan dan 10,8% mengalami obesitas.

Obesitas saat ini telah digolongkan sebagai penyakit yang perlu diintervensi secara komprehensif. Hari Obesitas Sedunia yang diperingati tiap tanggal 4 Maret, menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian terhadap penyakit tersebut.

Terkait hal itu, RS Premier Bintaro (RSPB) belum lama ini menggelar seminar kesehatan dengan tema Obesitas: Permasalahan dan Penanggulangan. Tak hanya itu, ada juga kegiatan lain yakni senam bersama.

Seminarnya sendiri menghadirkan nara sumber dari berbagai spesialisasi yaitu dr. A.B. Wardoyo, Sp.PD yang membahas mengenai kegemukan dan penanggulangannya, dr. Hario Tilarso, Sp.KO yang memberikan informasi tentang latihan olahraga yang tepat untuk orang dengan obesitas, dan dr. Diah Prasmapti, Sp.GK yang membagikan tips diet untuk mengurangi berat badan.

"Acara ini diselenggarakan dengan harapan RSPB dapat berkontribusi dalam menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan berat badan dengan memberikan pengetahuan, tata laksana pencegahan, dan bagaimana langkah-langkah penanganan kelebihan berat badan yang dapat dikurangi sedikit demi sedikit dengan cara yang tepat,” kata CEO RS Premier Bintaro Dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, MHKes.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia dapat secara bersama-sama meluruskan kesalahpahaman seputar obesitas, mengetahui penyebabnya, meningkatkan pengetahuan tentang obesitas, serta mengatasi stigma berat badan. Dengan semua berbicara, berbagi, dan berdiskusi diharapkan dapat mengubah norma, pemahaman, pencegahan, dan pengobatan obesitas bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)