6 Makanan yang Meninggalkan Bau di Mulut saat Puasa

Rabu, 29 Maret 2023 - 21:20 WIB
loading...
6 Makanan yang Meninggalkan Bau di Mulut saat Puasa
Makanan yang meninggalkan bau pada mulut terkadang membuat seseorang tidak percaya diri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Makanan yang meninggalkan bau pada mulut terkadang membuat seseorang tidak percaya diri. Terlebih saat tubuh sedang melaksanakan ibadah puasa .

Untuk mengatasi bau pada mulut karena makanan, tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu makanan yang bisa meninggalkan bau. Agar kita dapat menguranginya saat menyantap sahur dan berbuka.


Makanan yang Meninggalkan Bau Pada Mulut

Berikut enam makanan yang meninggalkan bau pada mulut saat berpuasa :

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Makanan yang mengandung bawang akan meninggalkan bau pada mulut cukup lama. Hal ini disebabkan karena bawang mengandung senyawa organosulfur yang kuat, seperti alicin, yang memberi aroma dan rasa khas pada bawang.

Senyawa tersebut cukup sulit dipecah oleh bakteri di mulut menjadi senyawa sulfur hidrogen, senyawa merkaptan, dan senyawa lainnya. Sehingga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

2. Keju

Sebagian besar produk susu, termasuk keju, mengandung asam amino yang bereaksi dengan bakteri mulut Anda untuk menghasilkan senyawa belerang.

Atas reaksi tersebut, banyaknya keju yang masuk ke dalam mulut akan menimbulkan bau. Bahkan bau ditimbulkan tidak bisa langsung dibersihkan dengan obat kumur maupun dengan cara gosok gigi.

3. Saus Pasta

Saus pasta juga bisa menyebabkan penumpukan asam pada mulut yang akan mendorong pertumbuhan bakteri. Adanya bakteri pada mulut tersebut akan menimbulkan reaksi bau yang tidak sedap setelahnya.


4. Selai Kacang

Selai kacang merupakan sumber protein yang sangat baik. Meski begitu, jika terlalu banyak mengkonsumsinya rasa lengket pada kacang akan menempel pada mulut selama berjam-jam dan menimbulkan bau.

5 Gorengan

Makanan yang digoreng dengan minyak panas akan mengakibatkan lemak dalam minyak dapat menempel pada bibir dan mulut. Lemak ini kemudian bisa bereaksi dengan bakteri di mulut dan menghasilkan senyawa berbau tidak sedap.

Kemudian dengan banyaknya jenis gorengan yang sulit dicerna oleh tubuh, juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

6. Tuna Kaleng

Ikan tuna kaleng juga menjadi makanan yang meninggalkan bau pada mulut. Ikan tuna dikemas pada wadah kalengan dalam kondisi yang masih segar. Keadaan tersebut bisa menimbulkan rasa amis yang lama ketika berada di dalam mulut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)