Asal Usul Bermulanya Perayaan April Mop pada Tanggal 1 April

Kamis, 30 Maret 2023 - 15:35 WIB
loading...
Asal Usul Bermulanya Perayaan April Mop pada Tanggal 1 April
April Mop biasa dirayakan banyak orang setiap tahunnya pada tanggal 1 April. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - April Mop biasa dirayakan banyak orang setiap tahunnya pada tanggal 1 April. Pada penyebutannya, April Mop ini biasa juga dikenal sebagai April Fool’s Day.

Pada pelaksanaannya, April Mop ini cukup identik dengan prank . Biasanya, dalam kesempatan tersebut orang-orang akan membuat sebuah prank atau kebohongan yang ditujukan untuk menjahili orang lain.

Asal Usul April Mop

April Mop menjadi perayaan populer yang banyak dilakukan setiap tahunnya oleh orang-orang di penjuru dunia. Namun, disamping popularitasnya ini, ternyata tidak diketahui secara pasti sejarah dan asal muasal perayaan ini.



Namun, dalam hal ini terdapat beberapa versi populer terkait sejarah dan asal muasal dari perayaan April Fools. Salah satunya adalah berasal dari Prancis sekitar tahun 1582.

Mengutip laman History, Kamis (30/3/2023), beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop ini telah berlangsung sejak tahun 1582. Tepatnya saat Prancis beralih dari kalender Julian ke Gregorian.

Sekadar informasi, pada kalender Julian biasanya tahun baru dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April. Sayangnya, dengan pergantian kalender orang-orang terlambat menyadari bahwa tahun baru telah berpindah ke 1 Januari.

Hal ini membuat mereka tetap merayakan tahun baru pada minggu terakhir bulan Maret sampai 1 April. Tindakan inilah yang menjadikan mereka sasaran lelucon dengan sebutan ‘April Fools’.



Selain dari perubahan kalender Prancis, sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival Hilaria di Roma Kuno. Biasanya, acara ini berlangsung pada akhir Maret dan dilakukan oleh pengikut cult of cybele.

Pada teknisnya, festival tersebut melibatkan orang-orang dengan menyamar dan mengejek warga lain. Hal inilah yang menjadikannya banyak dikaitkan dengan awal mula perayaan April Mop.

Kemudian, popularitas April Mop di Inggris dan sekitarnya telah menyebar selama abad ke-18. Saat itu, di Skotlandia terdapat sebuah tradisi unik. Dimulai dengan ‘Hunting the Gowk’ atau mengirim orang untuk tugas palsu, kemudian diikuti dengan ‘Tailie Day’ yang melibatkan banyak prank atau tipuan.

Meski tidak diketahui secara pasti kapan awal mula perayaan tersebut, faktanya sampai sekarang April Mop masih terus dirayakan banyak orang di dunia. Tanpa mengubah karakteristik atau kekhasan yang dimiliki, mereka tetap merayakannya pada 1 April.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)