April Mop, Kenali Sejarah dan Asal Usul Hari Prank Sedunia

Jum'at, 01 April 2022 - 09:21 WIB
loading...
April Mop, Kenali Sejarah dan Asal Usul Hari Prank Sedunia
April Mop dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahun di seluruh dunia. Hari prank sedunia ini didedikasikan untuk tawa, lelucon, dan kebahagiaan tanpa batas. Foto/ABC News
A A A
JAKARTA - April Mop dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahun di seluruh dunia. Hari prank sedunia ini adalah hari yang didedikasikan untuk tawa, lelucon, dan kebahagiaan tanpa batas.

Biasanya, orang-orang saling menarik kaki dan mengerjai. Pada kesempatan ini, orang datang dengan ide-ide lucu untuk mengejutkan orang yang mereka cintai atau teman.

Mereka kemudian mengungkapkan pada akhirnya bahwa itu semua hanya lelucon untuk menandai April Mop. Selain itu, April Mop telah dirayakan oleh berbagai budaya selama berabad-abad.

Dilansir dari NDTV, Jumat (1/4/2022) dikatakan bahwa April Mop pertama kali dirayakan di Eropa.


Asal usul April Mop yang tepat masih menjadi misteri. Tidak ada yang tahu siapa sebenarnya yang memulai atau menemukan ini. Namun, sejarawan berspekulasi berasal dari 1582.

Itu kembali pada saat Prancis beralih ke kalender Gregorian dari kalender Julian. April Mop mulai dirayakan setelah Paus Gregorius XIII memperkenalkan kalender Gregorian, dan menegaskan bahwa kalender baru akan dimulai pada 1 Januari.

Namun, sebelum ini, tahun baru biasanya dirayakan pada akhir Maret. Pada zaman kuno, kalender didasarkan pada titik balik musim semi. Tahun baru dirayakan pada atau sekitar tanggal 1 April.

Di banyak tempat di Eropa, awal tahun baru dirayakan sekitar tanggal 25 Maret. Namun, setelah People Gregory menggeser tahun baru menjadi 1 Januari, diyakini banyak orang menolak untuk menerima perubahan drastis tersebut.

Baca Juga: Asal Usul April Mop

Entah mereka tidak mengetahuinya atau mereka hanya mengikuti kalender lama. Itulah alasan mengapa orang pada umumnya mulai mengejek orang-orang yang mengikuti kalender tradisional dan merayakan hari ini.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)