Manfaat Minum Air Putih yang Cukup saat Puasa, Tak Hanya Hilangkan Dahaga

Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:20 WIB
loading...
Manfaat Minum Air Putih yang Cukup saat Puasa, Tak Hanya Hilangkan Dahaga
Manfaat minum air putih yang cukup saat puasa untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya membantu menghilangkan dahaga setelah berjam-jam menahan haus. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Manfaat minum air putih yang cukup saat puasa untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya adalah membantu menghilangkan dahaga setelah berjam-jam menahan haus.

Edukator Kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Tan Shot Yen, M.Hum menyarankan minum air putih saat buka puasa . Ini juga sesuai dengan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Yang pertama tentu saja air, karena itu disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Itu adalah pelarut atau rehidrator paling utama. Air adalah pelarut yang terbaik dan air itu membuat tubuh manusia bisa menyerap, menyerap dengan baik," kata dr Tan saat webinar, Jumat (31/3/2023).

"Jadi sekarang trendnya adalah usahakan untuk berbuka puasa atau mengikutsertakan air mineral dalam hidup Anda itu aja," sambungnya.



Dilansir dari Health Line, tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, idealnya minum air putih delapan gelas per hari.

Secara ilmiah, air putih telah terbukti bisa membantu memaksimalkan kinerja fisik. Di mana kehilangan sedikitnya 2 persen dari kandungan air tubuh, dapat secara signifikan menganggu kinerja fisik.

Air juga membantu mencegah dan mengobati sakit kepala. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain pada beberapa individu. Sementara minum air dapat membantu mengurasi sakit kepala dan gejala sakit kepala.

Selain itu, cukup minum air putih juga bisa membantu meringankan sembelit. Terutama pada orang yang umumnya tidak minum cukup air.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)