3 Ciri-ciri Kurma Sudah Tidak Layak Konsumsi, Jangan Asal Makan

Sabtu, 01 April 2023 - 08:00 WIB
loading...
3 Ciri-ciri Kurma Sudah Tidak Layak Konsumsi, Jangan Asal Makan
Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan kurma sudah tidak layak dikonsumsi. Kurma dapat dimakan segar, tetapi paling sering dikonsumsi setelah dikeringkan. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan kurma sudah tidak layak dikonsumsi. Kurma dapat dimakan segar, tetapi paling sering dikonsumsi setelah dikeringkan karena rasanya yang manis seperti permen.

Penelitian di Journal of Family & Community Medicine menyebutkan bahwa kurma mengandung banyak gula yang menjadi lebih pekat setelah dikeringkan. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma biasanya digunakan untuk mempermanis kue, puding, dan bahkanresep salad.

Tapi seperti produk buah atau sayuran lainnya, kurma memiliki tanggal kadaluarsa. Menurut Fruits & Veggies, kurma segar yang Anda beli harus diperiksa jamurnya. Namun umumnya, kurma segar bisa bertahan hingga enam bulan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap beku selama setahun penuh.

Anda dapat menyimpan kurma kering di dapur selama enam bulan, di lemari es dua kali lebih lama, dan dibekukan hingga tiga tahun. Kurma bertahan untuk waktu yang sangat lama ketika dikeringkan karena kekurangan air membuat kurma cenderung tidak berjamur.

Ciri-ciri Kurma Sudah Tidak Layak Konsumsi



Penting untuk mengetahui ciri-ciri kurma sudah tidak layak dikonsumsi. Berikut ulasannya dilansir dari Tasting Table, Sabtu (1/4/2023).



1. Perubahan Warna


Kurma yang tidak layak dikonsumsi biasanya akan terjadi perubahan. Perubahan warna atau jamur tidak hanya di bagian luar, tetapi juga di bagian dalam buah.

2. Aroma Busuk


Gunakan indra penciuman Anda untuk mengetahui aroma kurma. Jika muncul aroma busuk yang kuat, sebaiknya segera buang buah ini dan jangan mengonsumsinya.

3. Muncul Serangga


Serangga akan muncul di kurma jika sudah tidak layak dikonsumsi. Seperti cacing karena rasa manis buah ini. Untuk menghindari menyantapnya, sebaiknya potong dan belah dua kurma.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)