Musisi Jepang Ryuichi Sakamoto Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun Akibat Kanker

Minggu, 02 April 2023 - 22:22 WIB
loading...
Musisi Jepang Ryuichi Sakamoto Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun Akibat Kanker
Musisi ternama asal Jepang, Ryuichi Sakamoto, dikabarkan meninggal dunia di usia 71 tahun pada Selasa (28/3/2023) namun baru dikonfirmasi di hari Minggu (2/4/2023) ini. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Musisi ternama asal Jepang, Ryuichi Sakamoto, dikabarkan meninggal dunia di usia 71 tahun pada Selasa (28/3/2023) namun baru dikonfirmasi di hari Minggu (2/4/2023) ini.

Konfirmasi tersebut disampaikan langsung oleh pihak manajemennya. Manajemen Ryuichi juga mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang selalu mendukung karya komposer asal Jepang itu.

“Dia hidup dengan musik sampai akhir. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para penggemar dan semua orang yang telah mendukung aktivitasnya, serta para profesional medis di Jepang dan AS yang melakukan segala daya mereka untuk menyembuhkannya," kata manajemen Ryuichi Sakamoto dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Just Jared, Minggu (2/4/2023).



Sebagai informasi, tahun lalu Ryuichi Sakamoto sempat mengungkapkan bahwa dirinya sedang berjuang melawan kanker stadium 4. Ryuichi Sakamoto bahkan mengaku tak bisa membuat konser tunggal lagi akibat penyakitnya itu.

“Saya tidak punya energi untuk melakukan konser langsung. Ini mungkin terakhir kalinya Anda melihat saya tampil dengan cara ini,” kata sang musisi sebelum konser terakhirnya pada Desember 2022.

Ryuichi Sakamoto merupakan musisi yang produktif. Ia pernah memenangkan Oscar, BAFTA, Grammy, dan dua Golden Globe Awards selama kariernya.

Ryuichi Sakamoto juga pernah melakukan debut akting lewat film Merry Christmas Mr Lawrence di tahun 1983, di mana ia juga berperan sebagai komposer skor musik film tersebut.



Ryuichi pernah pula mengerjakan musik untuk film The Last Emperor tahun 1987, The Sheltering Sky, Little Buddha and The Revenant, serta video game dan anime. Dia dianugerahi Ordre des Arts et des Lettres dari Kementerian Kebudayaan Prancis atas kontribusinya pada musik pada 2009.

Semasa hidupnya, Ryuichi merilis lusinan album studio, termasuk 12 tahun ini yang dirilis pada Januari, sebuah album elektronik minimalis yang direkam di tengah pertempuran kankernya. Bahkan, pada awal 2023 ini, Ryuichi dikabarkan membagikan pengalamannya dalam bentuk esai usai bertemu salah satu personel grup musik BTS, Suga. Dalam esai itu, ia mengaku terkesan atas pertemuannya dengan Suga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)