Rute Penerbangan Selandia Baru-Indonesia Resmi Dibuka, Sandiaga Targetkan 150 Ribu Kunjungan Wisatawan

Selasa, 04 April 2023 - 14:45 WIB
loading...
Rute Penerbangan Selandia Baru-Indonesia Resmi Dibuka, Sandiaga Targetkan 150 Ribu Kunjungan Wisatawan
Rute penerbangan Selandia Baru-Indonesia resmi dibuka. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan rute ini beroperasi mulai 29 Maret 2023. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Rute penerbangan Selandia Baru-Indonesia resmi dibuka. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan rute ini beroperasi mulai 29 Maret 2023.

Pada penerbangan pertamanya, rute Selandia Baru-Indonesia ini mengangkut 255 penumpang dari Auckland menuju Bali. Rencananya, penerbangan ini akan beroperasi tiga kali seminggu yaitu Rabu, Jumat, dan Minggu.

Sandiaga menyebut, wisatawan mancanegara (Wisman) asal Selandia Baru salah satu yang berkualitas. Sebab kehadirannya memberikan dampak positif terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, dengan lama tinggal yang panjang serta belanja yang besar.

Tak tanggung-tanggung, para wisatawan asal Selandia Baru ini memiliki durasi tinggal atau length of stay mencapai 10,3 hari. Di mana rata-rata pengeluaran mereka di Indonesia mencapai angka USD1.376 atau Rp20 juta per pax.



"Ini setara dengan wisman asal Eropa," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno, Senin 3 April 2023.

Selandia Baru, dijelaskan Sandiaga salah satu pasar yang potensial bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Ini karena sebelum pandemi Covid-19, ada lebih dari 131 ribu wisatawan Selandia Baru yang berkunjung ke Indonesia.

"Kami targetkan dalam dua sampai tiga tahun ke depan mampu menarik 150 ribu kunjungan wisatawan New Zealand," jelas Sandiaga.

Selain itu, akan ada sejumlah rute penerbangan internasional menuju Indonesia yang bakal dibuka. Rute penerbangan tersebut adalah Air Asia Jakarta-Pnom Penh yang akan dibuka pada 19 April 2023 dan Trans Nusa rute Jakarta-Kuala Lumpur pada 14 April 2023.



"Saat ini rute (penerbangan) yang sudah terbuka adalah Sri Lanka Airlines Jakarta-Colombo (yang beroperasi) tujuh kali sepekan dengan (jumlah penumpang) 2.000 seats setiap pekannya," ujar Sandiaga.

Adapun rute penerbangan lain yang rencananya akan dibuka tahun ini adalah Indonesia-India oleh maskapai Indi Go India dengan rute Mumbai-Jakarta dan Hyderabad-Kualanamu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)