Banyak Diburu saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Timun Suri buat Kesehatan

Rabu, 05 April 2023 - 13:31 WIB
loading...
Banyak Diburu saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Timun Suri buat Kesehatan
Timun suri banyak dijajakan ketika memasuki bulan suci Ramadan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Timun suri banyak dijajakan ketika memasuki bulan suci Ramadan. Timun suri biasanya diolah menjadi minuman yang menyegarkan buat berbuka puasa.

Timun suri memiliki ukuran yang lebih besar meski termasuk anggota keluarga labu-labuan. Buah ini mempunyai tekstur yang lembut dan warna kuning jika sudah matang.

Tidak hanya enak, timun suri juga kaya nutrisi yang bagus buat kesehatan. Penasaran apa saja manfaat timun suri ? Berikut ulasannya.



1. Menurunkan Risiko Anemia


Anemia merupakan kondisi di mana tubuh merasa cepat lelah, pusing dan sakit kepala. Hal itu disebabkan karena asupan darah di tubuh sangat berkurang. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengonsumi timun suri sebab timun suri mengandung zat besi yang mampu memproduksi hemoglobin untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Mengatasi Sembelit


Selama puasa, masalah sembelit pasti dialami oleh banyak orang sebab mereka kekurangan asupan serat. Anda juga bisa mengonsumsi timun suri untuk mengatasi hal itu. Di dalam timun suri mengandung serat dan air yang dapat mengatasi masalah pencernaan.

3. Menghidrasi Tubuh


Selain itu timun suri juga mengandung banyak kadar air yang bagus untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghidrasi tubuh dan mengembalikan cairan tubuh Anda yang hilang selama berpuasa.

4. Menyehatkan Tulang


Timun suri kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk menyehatkan tulang. Di dalam timun suri terkandung kalsium, fosfor, dan zat besi.

5. Meredakan Panas Dalam


Masalah panas dalam juga sering terjadi selama Anda berpuasa yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengonsumsi timun suri. Pasalnya, timun suri tinggi kandungan air, yang bisa menjadi pelarut bagi mineral, vitamin B dan C, asam amino, serta glukosa dan molekul-molekul kecil lainnya sehingga dapat keluar masuk sel dengan baik.



Selain itu, timun suri berperan dalam detoksifikasi, serta mempertahankan suhu tubuh dengan cara menyerap atau melepaskan panas secara perlahan-lahan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3412 seconds (0.1#10.140)