Resep Kolak Pisang Pacar China, Hidangan Manis untuk Buka Puasa

Rabu, 05 April 2023 - 18:03 WIB
loading...
Resep Kolak Pisang Pacar China, Hidangan Manis untuk Buka Puasa
Kolak pisang menjadi hidangan manis yang selalu tersaji saat buka puasa. Kolak menjadi makanan wajib di banyak rumah selama bulan Ramadan dengan berbagai isian. Foto/Tastemade of Indonesia
A A A
JAKARTA - Kolak pisang menjadi hidangan manis yang selalu tersaji saat buka puasa. Kolak pun menjadi makanan wajib di banyak rumah selama bulan Ramadan dengan berbagai isian yang menarik.

Selain pisang, kolak biasanya dibuat dengan labu, kolang kaling hingga pacar China. Isian tersebut semakin nikmat dengan perpaduan santan yang gurih dan gula merah yang manis.

Saat puasa, banyak penjual kolak dadakan. Mereka menawarkan dengan beragam variasi dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp5 ribu. Namun, Anda bisa membuat hidangan ini sendiri di rumah.

Resep Kolak Pisang Pacar China



Berikut resep membuat kolak pisang pacar China dirangkum dari Tastemade of Indonesia, Rabu (5/4/2023).



Bahan:
100 g santan
100 ml air panas
5 buah pisang kepok
100 g labu kuning, potong kotak
100 g kolang-kaling
100 ml g gula Jawa
½ sdt garam
1000 ml air
5 cm kayu manis
3 btr cengkeh
2 lbr daun pandan

Isian:
100 g pacar China
1000 ml air



Cara Membuat:

Rebus pacar China dengan air yang mendidih, masak hingga matang dan sisihkan. Rebus labu, masukkan kayu manis, cengkih, daun pandan, garam dan gula jawa.

Masak hingga labu setengah matang, kemudian masukkan pisang. Seduh santan dengan air panas, lalu masukkan ke dalam panci.

Masak hingga ubi dan pisang matang baru kemudian kolang-kaling. Sajikan ke dalam mangkuk saji dan beri tambahan pacar China. Sajikan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)