Film Kartu Pos Wini Rajut Kenangan Berkirim Surat di Kantor Pos

Jum'at, 07 April 2023 - 14:28 WIB
loading...
Film Kartu Pos Wini Rajut Kenangan Berkirim Surat di Kantor Pos
Film Kartu Pos Wini (KPW): Surat Beralamat Surga, menjadi debut kerja sama antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Film Kartu Pos Wini (KPW): Surat Beralamat Surga, menjadi debut kerja sama antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Melalui film ini selain menggugah kepedulian masyarakat terhadap penderita kanker, juga menjadi upaya Pos Indonesia mendekatkan diri dengan generasi muda.

"Kami ingin menggugah, memenangkan hati masyarakat agar kembali ingat dengan Pos Indonesia. Caranya adalah dengan pendekatan budaya. Kebetulan sekali ada sutradara menawarkan kerja sama dengan Pos Indonesia untuk membuat film. Dan di film ini banyak mengambil setting di Kantorpos dan pemilihan temanya yang dekat dengan masyarakat," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi.

Upaya Pos Indonesia ini bisa dibilang cukup berhasil. Sebab, pemeran film KPW, Denira Wiraguna merasakan film ini mengingatkannya akan kenangan ketika masyarakat banyak menggunakan jasa Pos. Ada sisi nostalgia dan romantisme ketika segala hal yang berkaitan dengan surat menyurat, dan saling berkirim kartu pos selalu terkait dengan Kantorpos atau Pos Indonesia.



"Waktu usia aku 10 tahun sering melihat mama, papa mengirim barang lewat Kantorpos. Sekarang aku sudah jarang banget melihat orang-orang di sekitar aku berkirim kartu pos, barang, atau apapun itu lewat Kantorpos. Aku senang banget dengan adanya film Kartu Pos Wini jadi mengingatkan kembali, flashback, throwback lagi, orang-orang yang pernah berkirim surat pada zamannya. Mungkin usia aku karena belum pernah mengalami, jadi bisa lebih mengenalkan lagi ke teman-teman melenial yang masih muda-muda," kata Denira Wiraguna, pemeran Ruth Dewayani.

Denira menilai saat ini Pos Indonesia telah bertransformasi sesuai perkembangan zaman menjadi terdigitalisasi. Salah satunya kehadiran aplikasi Pospay dari Pos Indonesia yang kian memudahkan masyarakat bertransaksi keuangan.

"Sekarang, banyak juga aplikasi untuk memudahkan transaksi pembayaran dan segala macam jadi lebih modern. Sudah tidak identik dengan kesan old banget. Sekarang sudah lebih modern. Anak milenial itu wajiblah, lebih dipermudah dengan adanya aplikasi," ujar Denira.

Selain menghadirkan aktivitas di Kantorpos dan perjuangan karakter Wini sembuh dari kanker, film ini juga mengajak masyarakat turut berpartisipasi berdonasi. Pos Indonesia memberi penekanan khusus dalam pembuatan film ini secara keseluruhan, yaitu semacam call to action untuk memberikan dukungan kepada YKI melalui donasi bagi penderita dan keluarga penderita kanker.

Perhatian pada penderita kanker ini juga turut digaungkan Faizal Rochmad Djoemadi. Menurutnya, keluarga penderita kanker menjadi sangat rentan akan kesulitan, khususnya faktor ekonomi.

"Film ini menjadi bentuk support system untuk penderita kanker, terlebih keluarga yang sangat mungkin kehabisan dana dalam proses penyembuhan anggota keluarga yang mengidap kanker. Sangat mungkin keadaan seperti ini menjadi fenomena yang memiskinkan keluarga penderita kanker," kata Faizal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)