Oprah Winfrey Umumkan Menopause, Gejala Awalnya Jantung Berdebar

Jum'at, 07 April 2023 - 15:39 WIB
loading...
Oprah Winfrey Umumkan Menopause, Gejala Awalnya Jantung Berdebar
Oprah Winfrey mengaku sudah menopause. Informasi ini disampaikannya melalui OprahDaily.com dan langsung jadi sorotan publik. Foto/Instagram Oprah
A A A
JAKARTA - Oprah Winfrey mengaku sudah menopause. Informasi ini disampaikannya melalui OprahDaily.com dan langsung jadi sorotan publik.

Menariknya, Oprah menyebut ada satu gejala awal menopause yang tidak disadari banyak orang, termasuk tim medis. Yaitu jantung berdebar.

"Saya tidak pernah mengalami hot flash dalam hidup saya. Tapi, saya mulai menopause dengan gejala jantung berdebar," ungkap presenter kondang itu, dikutip dari laman Today, Jumat (7/4/2023).



Saat mengalami jantung berdebar-debar di usia 48 tahun, Oprah berkonsultasi ke banyak dokter. Setidaknya ada lima dokter berbeda yang ia datangi. Semua dokter tidak pernah membahas menopause ketika dirinya mengeluhkan jantung berdebar.

Sampai akhirnya Oprah bertemu dokter wanita dan dikatakan olehnya kalau gejala tersebut mungkin saja bagian dari tanda menopause atau perimenopause.

Analisa itu ternyata benar adanya. Sebab, suatu ketika Oprah membaca buku dan dilihatnya di sana satu pernyataan bahwa jantung berdebar adalah gejala perimenopause. Dari sanawanita 69 tahun inimenyadari bahwa jantung berdebar yang dialami bagian dari cara tubuhnya memberi tahu kalau dia akan menopause.

Pada kesempatan itu Oprah juga mengatakan bahwa dirinya mengalami gejala umum menopause yaitu brain fog. Itu ditandai dengan susah berkonsentrasi saat membaca buku yang mana sebelumnya tidak pernah terjadi.

Singkat cerita, Oprah bertemu teman perempuannya. Teman itu bertanya pada Oprah, "Apakah Anda jadi lebih susah fokus dan berkonsentrasi belakangan ini?"

Oprah menjawab, "Iya."



Lalu, si teman bertanya lagi, "Apakah Anda merasa lebih mudah bosan dari sebelumnya?"
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)