5 Takjil Penurun Kolesterol, Nomor Terakhir Paling Banyak Manfaatnya

Minggu, 09 April 2023 - 16:16 WIB
loading...
5 Takjil Penurun Kolesterol, Nomor Terakhir Paling Banyak Manfaatnya
Takjil penurun kolesterol menarik penting disimak, terutama bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan akibat lemak jahat berlebih. Foto/Ilustrasi/Dreamstime
A A A
JAKARTA - Takjil penurun kolesterol menarik untuk diulas dan disimak, terutama bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan akibat lemak jahat berlebih.

Sebagaimana diketahui, puasa Ramadan umumnya dijadikan momen untuk diet alias mengontrol makan dan minuman agar lebih sehat. Namun terkadang tanpa sadar saat berbuka banyak makanan yang bisa memicu kadar gula maupun kolesterol meningkat.

Kolesterol sendiri terbagi dua jenis yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL), yang keduanya bisa naik dan turun dipengaruhi gaya hidup.

"Kolesterol adalah jenis lemak dalam darah yang diproduksi secara alami oleh tubuh, tapi juga bisa ditemukan dibeberapa makanan seperti telur, jeroan (seperti ginjal dan hati) dan kerang," ungkap laman hearth foundationyang dikutip, Minggu (9/4/2023).



Lalu makanan berbuka puasa (takjil) seperti apa yang bisa menurunkan kadar kolesterol anda?, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jus Alpukat
Takjil identiknya dengan sesuatu yang manis, sederhana, dan sebagai pembuka contohnya jus alpukat. Buah alpukat bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh karena mengandung lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL /low density lipoprotein).

Selain itu, alpukat juga berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

2. Kacang Almond
Saat anda berbuka puasa juga tidak ada salahnya mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Di mana makan 2 ons kacang sehari, dapat sedikit menurunkan LDL, sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2839 seconds (0.1#10.140)