4 Makanan Penurun Kolesterol dalam Tempo Cepat

Senin, 05 September 2022 - 15:48 WIB
loading...
4 Makanan Penurun Kolesterol dalam Tempo Cepat
Kolesterol yang tinggi kadarnya dapat diturunkan dengan beberapa cara. Salah satunya, dan menjadi cara yang paling mudah, adalah dengan menjaga pola makan. Foto/Dreamstime
A A A
JAKARTA - Kolesterol yang tinggi kadarnya dapat diturunkan dengan beberapa cara. Salah satunya, dan menjadi cara yang paling mudah, adalah dengan menjaga pola makan.

Tidak semua makanan bahaya bagi peningkatan kolesterol, karena ada juga yang justru menurunkannya. Jenis makanan apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.



1. Makanan yang Mengandung Kedelai


Salah satu bahan makanan yang bisa menurunkan kolesterol yaitu kedelai. Pada umumnya kedelai ditemukan dalam minuman seperti susu, juga makanan seperti tahu dan tempe.

Melansir website Harvard, analisis telah menunjukkan bahwa efek lebih sederhana dari mengonsumsi 25 gram protein kedelai dalam sehari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebesar 5%-6%.

2 Kacang Almond

Bagi Anda yang hobi makan kacang, perlu dipahami bahwa sejumlah penelitian telah menunjukkan kalau mengonsumsi almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lain baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL, yakni sekitar 5%. Kacang sendiri memiliki nutrisi tambahan yang mampu melindungi jantung.



3. Makanan dengan Kandungan Sterol dan Stanol


Makanan yang mengandung sterol dan stenol yang diekstrak dari tanaman, meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan tersebut. Salah satu contoh makanan ini adalah margarin dan batangan granola hingga jus jeruk serta cokelat.

Makanan ini juga tersedia dalam bentuk suplemen. Mendapatkan dua gram sterol atau stanol dalam sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 10%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)