7 Takjil Rendah Kalori untuk Jaga Kadar Gula Darah Tetap Terkontrol

Senin, 10 April 2023 - 04:40 WIB
loading...
7 Takjil Rendah Kalori untuk Jaga Kadar Gula Darah Tetap Terkontrol
Takjil rendah kalori menjadi pilihan mereka yang tak ingin kadar gula darah naik saat berbuka puasa. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Takjil rendah kalori menjadi pilihan mereka yang tak ingin kadar gula darah naik saat berbuka puasa.

Takjil secara umum diketahui sebagai makanan pembuka puasa yang sederhana, biasanya bercita rasa manis. Hal ini bertujuan untuk memberikan sedikit energi setelah lebih dari 13 jam tidak makan dan minum.

Puasa sendiri memiliki efek baik buat kesehatan. Maka itu, ketika saatnya berbuka, penting untuk tetap menjaga asupan agar tidak membuat kadar gula meningkat sehingga justru berdampak buruk bagi kesehatan.



"Puasa di bulan Ramadan dapat meningkatkan kesehatan seseorang, tapi itu hanya jika dilakukan dengan cara yang benar. Kalau tidak, dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Maka, penting untuk memiliki pengendalian diri saat melihat makanan yang menggugah selera,” kata Rahma Ali, Ahli Diet Klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, dikutip dari Thenationalnews, Minggu (9/4/2023).

Makanan rendah kalori bisa menjadi pilihan agar tidak memicu kadar gula darah naik saat berbuka puasa. Apa saja itu? Berikut informasinya, dirangkum pada Minggu (9/4/2023).

1. Kacang Almond

Makanan pembuka puasa seperti almond direkomendasikan karena mengandung lemak baik yang penting. Terutama ketika tubuh menginginkan lemak setelah berjam-jam berpuasa.

Kacang ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena dapat membantu Anda merasa kenyang dan terkendali, tanpa perlu makan berlebihan.

2. Sayur

Konsumsi sayur saat berbuka puasa juga bisa menjadi pilihan. Sayur seperti metimun, selada, dan lain-lain kaya akan serat juga air. Sayuran tidak hanya membantu tubuh Anda merasa sejuk, tapi juga pilihan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit serta menghindari sembelit.

3. Salad Buah

Konsumsi buah saat berbuka puasa juga pilihan terbaik. Selain rendah kalori, juga menyehatkan. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya air bisa menghidrasi Anda karena lama tak minum ataupun makan.

Anda bisa mencampurkan beberapa buah seperti semangka, melon, nanas, naga, apel, alpukat, dan buah favorit lain dengan yoghurt, mayones, keju, ataupun susu.


4. Kurma

Buah khas Ramadan ini sangat populer bagi umat muslim karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain tidak terlalu tinggi kalorinya, kurma juga dapat mengembalikan energi dan membantu memperbaharui asupan karbohidrat, serta menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan mengandung gula.

5. Kacang Hijau

Menu takjil satu ini cukup rekomended karena mengandung berbagai jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh yaitu folat, seng, kalium, mangan, dan magnesium. Selain itu, kacang hijau sudah dilengkapi dengan karbohidrat kompleks, serat, dan protein nabati yang dapat menunjang kesehatan.

6. Jus atau Smoothies

Selain salad buah, Anda juga bisa menghidangkan jus atau smoothies buah untuk takjil. Salah satu buah yang baik untuk kesehatan yaitu alpukat. Sebab, kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL/low density lipoprotein).

7. Oat

Sereal atau oat juga bisa dijadikan takjil saat berbuka puasa. Setengah cangkir (40 gram) oat kering hanya mengandung 154 kalori, tapi memiliki 5 gram protein dan 4 gram serat.

Selain rendah kalori, oat juga makanan bersifat ringan yang berisikan gandum, dengan berbagai topping seperti buah, mengandung serat larut yang mampu menurunkan kolesterol.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)