Sandiaga Sebut Lebaran 2023 Akan Berdampak Positif pada Parekraf Indonesia

Senin, 10 April 2023 - 16:00 WIB
loading...
Sandiaga Sebut Lebaran 2023 Akan Berdampak Positif pada Parekraf Indonesia
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Lebaran 2023 akan memberikan dampak positif pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia. Foto/Kontributor MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Lebaran 2023 akan memberikan dampak positif pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia.

Salah satunya membantu mencapai target 1,4 miliar kunjungan wisawatan nusantara (wisnus). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri telah melakukan berbagai upaya.

"Segenap upaya terus kita lakukan, supaya target yang diinginkan 1,4 miliar wisatawan nusantara ini bisa tercapai. Untuk itu kita perlu berkolaborasi untuk mencapai hasil yang pasti, menciptakan parekraf yang berkualitas dan berkelanjutan," kata Sandiaga saat Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (10/4/2023).

Sandiaga menjelaskan, pihaknya tengah mempersiapkan final destinasi wisata 123,8 juta pergerakan masyarakat. Selain itu, menargetkan 25 persen dari pergerakan wisnus tahun ini, antara 300 juta lebih dapat mencapai dengan target perputaran ekonomi Rp100 sampai Rp150 triliun.





Kemudian pihaknya mengajak seluruh pelaku industri parekraf, untuk memanfaatkan momen kesempatan emas ini di Lebaran 2023. Sebab, akan meningkatkan penjualan, memberikan pelayanan terbaik, wisata aman, nyaman, menyenangkan dan membeli produk-produk kreatif lokal.

"Kita harus terus jaga momentum perbaikan ini," jelas Sandiaga.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan, selain destinasi wisata, transportasi, akomodasi, makan dan minum juga akan menjadi pengeluaran terbesar wisatawan selama libur Lebaran.

Perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ditaksir Angela mencapai Rp100 triliun hingga Rp150 triliun. Selain itu, pergerakan wisatawan ini harus berjalan dengan rasa nyaman dan aman.



Kemenparekraf pun terus memastikan ketersediaan transportasi resmi, kesiapan tempat peristirahatan untuk pengemudi, protokol kesehatan, pelayanan dan pengamanan bagi wisatawan selama Lebaran 2023.

"Semoga mudik Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan membawa kebahagiaan bagi kita semua," ujar Angela.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)