3 Wilayah Diprediksi Alami Lonjakan Wisatawan saat Libur Lebaran 2023, Sandiaga Uno: Dipastikan Tak Membludak

Senin, 10 April 2023 - 20:35 WIB
loading...
3 Wilayah Diprediksi Alami Lonjakan Wisatawan saat Libur Lebaran 2023, Sandiaga Uno: Dipastikan Tak Membludak
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi ada tiga wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami lonjakan pengunjung saat libur Lebaran 2023. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi ada tiga wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami lonjakan pengunjung saat libur Lebaran 2023. Tiga wilayah tersebut yakni Jawa Barat, Jawa Tengah/DIY dan Jawa Timur.

Untuk Jawa Barat (Jabar), lanjutnya, ada beberapa destinasi wisata yang berpotensi banyak diminati wisatawan dan mengalami lonjakan yang cukup tinggi, seperti Puncak, Kabupaten Bogor; Cipanas, Cianjur; Tangkuban Parahu, Kawah Putih Ciwidey Bandung dan beberapa pantai di Jabar.

Kemudian untuk Jawa Tengah dan DIY yaitu Dieng, Baturaden, Bandungan Semarang, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan beberapa destinasi lainnya. Lalu Jawa Timur yang favorit adalah Gunung Bromo, Wisata Jatim Park, Batu dan Taman Kebun Binatang.

"Ini yang harus kita pastikan agar tidak membludak dan layanannya lebih baik, lebih cepat, lebih nikmat dan tentunya dengan harga yang tepat," katanya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (10/04/2023).



Lebih lanjut, ia mengatakan, pergerakan masyarakat di momen lebaran tahun 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang. Kemenparekraf menargetkan 25 persen dari target pergerakan wisnus tahun ini yaitu sebesar 300 juta-350 juta pergerakan dapat tercapai.

"Momen libur lebaran ini ditargetkan akan ada perputaran ekonomi di sektor parekraf mencapai Rp100 triliun-150 triliun. Untuk itu pelaku usaha yang bergerak di industri parekraf harus memanfaatkan momen libur ini dan memberikan pengalaman yang baik bagi wisatawan," terangnya.

Kemudian, Sandiaga pun mengajak pelaku usaha yang bergerak di industri parekraf memanfaatkan momen libur Lebaran 2023 untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pelayanan terbaik agar wisatawan. Sehingga nantinya dapat menikmati aktivitas wisata dengan aman, nyaman dan menyenangkan.

"Mari kita gunakan momentum mudik kali ini untuk menghadirkan suatu proses mudik yang aman dan lancar," ujarnya.

Sandiaga pun mengimbau kepada pengelola objek wisata, harus memerhatikan kawasan pariwisatanya. Mulai dari pintu masuk, kelengkapan amenitas, tempat parkir, keamanan, kebersihan, dan kenyamanan.

Hal itu karena protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) sudah menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang akan terus diterapkan.

"Karena ini adalah bagian dari bentuk pemulihan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan. Kita harapkan jangan hanya menjadi pajangan, tapi menjadi sebuah kebiasaan yang akan menjadi budaya kita dalam pelayanan yang clean, healthy, safety, and environment sustainability," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)