Efektifkah Detoksifikasi Tubuh dengan Infused Water? Ini Penjelasan Dokter

Kamis, 13 April 2023 - 11:50 WIB
loading...
Efektifkah Detoksifikasi Tubuh dengan Infused Water? Ini Penjelasan Dokter
Infused water atau air putih yang ditambahkan buah atau sayur ke dalamnya banyak dikonsumsi masyarakat zaman sekarang karena dianggap menyehatkan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Infused water atau air putih yang ditambahkan buah atau sayur ke dalamnya banyak dikonsumsi masyarakat zaman sekarang karena dianggap menyehatkan. Minuman ini bahkan dipercaya bisa membuang racun dalam tubuh.

Tapi, pada kenyataannya tidak demikian. Menurut Dokter Nadia Alaydrus, infused water hanyalah minuman rendah kalori.

"Kalau berfungsi sebagai detoksifikasi, jawabannya enggak," kata dia dalam konten Reels Instagram, dikutip MNC Portal, Kamis (13/4/2023).

Ia melanjutkan, produk detoksifikasi banyak diklaim bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Padahal, tubuh manusia secara alami sudah dirancang memiliki jalur detoksifikasi yang baik untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

"Sampai saat ini belum ada bukti bahwa produk detoksifikasi itu bisa mempercepat atau membuatnya lebih efisien (menghilangkan racun)," katanya.



Dokter Nadia menjelaskan bahwa tubuh mengeluarkan racun secara alami melalui saluran gastrointestinal. Jadi, cara terbaik untuk membersihkan racun dari dalam tubuh adalah minum air mineral dan konsumsi serat yang cukup.

"Tapi gak ada salahnya juga sih untuk minum infused water atau detox water, karena rasanya enak dan bikin kita semangat konsumsi air mineral," jelasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)