4 Kiat Aman dan Nyaman Mudik Pakai Mobil Pribadi

Kamis, 13 April 2023 - 18:18 WIB
loading...
4 Kiat Aman dan Nyaman Mudik Pakai Mobil Pribadi
Pemimpin Redaksi MNC Radio Network Gaib Maruto Sigit dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo bertajuk Tips Mudik Aman, Asik Sepanjang Perjalanan, Kamis (13/4/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Umat muslim di seluruh dunia sedang mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya Idul Fitri. Di Indonesia sendiri, hari lebaran kerap jadi momentum bagi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Seiring masuknya masa mudik lebaran, banyak masyarakat memilih pergi ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Hal ini dianggap lebih menghemat biaya mengingat harga tiket transportasi umum yang mulai melonjak.

Terkait hal ini, Gaib Maruto Sigit selaku Jurnalis dan Pemimpin Redaksi MNC Radio Network dalam acara Podcast Aksi Nyata Partai Perindo bertajuk Tips Mudik Aman, Asik Sepanjang Perjalanan, membagikan kiat aman dan nyaman saat pergi mudik lebaran mengenakan kendaraan pribadi.



Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mudik lebaran dengan mobil pribadi? Berikut informasinya.

1. Menentukan Waktu Mudik

Hal pertama ialah menentukan waktu mudik. Gaib mengatakan, ada baiknya masyarakat mengerti kondisi padatnya jalanan jelang mudik lebaran. Karena itu, ada baiknya untuk mengatur waktu mudik dengan tidak bepergian di hari yang dekat Idul Fitri.

“Dengan jumlah pemudik sebanyak itu, dan orang bergerak secara bersamaaan, jadi yang harus dicari adalah timing-nya. Kalau mau naik kendaraan pribadi, waktunya harus pas. Timing itu penting dan harus cari informasi juga seputar jalanan mudik,” papar Gaib, Kamis (13/4/2023).

2. Pastikan Tinggalkan Rumah dengan Aman

Saat mudik, rumah akan ditinggalkan selama beberapa hari dalam keadaan kosong tak berpenghuni. Karenanya, Gaib sangat menyarankan masyarakat untuk memastikan meninggalkan rumah dalam keadaan aman.

“Pertama yang kita lakukan, saat kita meninggalkan rumah itu semua listrik dicabut. Pastikan semua nggak ada listrik yang menempel. (Bisa) nyalakan lampu satu di belakang atau depan rumah. Pastikan juga ada satpam yang menjaga (rumah),” saran Gaib.


3. Segera Service Kendaraan Pribadi

Memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi berarti harus memastikan kondisinya baik dan prima. Untuk itu, segeralah melakukan perbaikan pada kendaraan Anda sejak jauh-jauh hari.

“Kendaraan pribadi kita, jangan baru dua hari mau mudik baru ke bengkel. Seminggu sebelum mudik, cek segala macam. Itu harus jauh-jauh hari dipastikan,” tutur Gaib.

4. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Satu lagi tips aman dan nyaman saat mudik dengan kendaraan pribadi, yaitu tidak membawa barang terlalu banyak. Fenomena ini sering terjadi, di mana masyarakat membawa banyak perlengkapan hingga membuat sempit kendaraan.

Hal tersebut sebaiknya dihindari. Gaib mengatakan, pemudik perlu tempat yang nyaman di dalam kendaraan.

“Di dalam mobil itu kita butuh ruang gerak. Biar nggak berantakan, leluasa, dan nyaman. Ingat, tujuan mudik itu untuk silaturahmi. Kita mudik itu harus sederhana, efisien, dan cerdas,” tutup Gaib.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)