Podcast Aksi Nyata: Mengenal Perbedaan Bartender dan Mixologist

Senin, 23 Januari 2023 - 21:34 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata: Mengenal Perbedaan Bartender dan Mixologist
Bartender dan mixologist merupakan dua profesi yang berbeda. Bartender merupakan seseorang yang hanya menjalankan menu yang sudah dibuat sebelumnya. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Bartender dan mixologist merupakan dua profesi yang berbeda. Bartender merupakan seseorang yang hanya menjalankan menu yang sudah dibuat sebelumnya.

Mario Pupin Al Bugis, salah seorang yang berprofesi sebagai mixologist mengatakan bahwa mixologist adalah mereka yang jauh lebih tinggi daripada sekedar bartender.

Meski keduanya terlihat sama, bartender meracik minuman yang sudah ada di menu. Dia jarang untuk eksplor rasa atau cara baru untuk membuat minuman yang menarik perhatian.

“Mixologist itu si peramu minuman. Tapi untuk bahasanya tuh ada yang beda arti. Mixologist itu khusus peramu minuman di balik bar, kalau bartender mencakup semuanya,” kata Mario dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Senin, (23/1/2023).



Mario juga memaparkan, bahwa seorang mixologist sangat mungkin bisa untuk jadi bartender. Namun, sebaliknya, seorang bartender justru belum tentu bisa untuk jadi mixologist. Hal ini mungkin dikarenakan oleh pengetahuan yang dimiliki mixologist.

Dalam hal meracik minuman, mixologist sangat mengerti bagaimana bahan-bahannya, keterkaitannya dengan sejarah, budaya bahkan seni terkait pencampuran minuman tersebut. Oleh karena itu, mixologist sangat berhati-hati untuk mencampurkan minuman.

“Untuk membedakan mixologist tuh punya karakter masing-masing. Karakternya itu lebih jadi di bar itu dia ada beberapa jenis minuman, itu yang membedakan beberapa mixologist," jelasa Mario.

"Jadi dia bisa milih salah satu kategori minuman untuk menggambarkan karakter dia,” sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3942 seconds (0.1#10.140)