10 Makanan Lebaran Khas Sunda, Dijamin Enak!

Rabu, 19 April 2023 - 00:16 WIB
loading...
10 Makanan Lebaran Khas Sunda, Dijamin Enak!
Sedikitnya ada 10 makanan lebaran khas Sunda yang cocok untuk disajikan pada Hari Raya Idulfitri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 10 makanan lebaran khas Sunda yang cocok untuk disajikan pada Hari Raya Idulfitri . Selain memiliki cita rasa yang lezat, 10 makanan khas Sunda ini ternyata cukup mudah dibuatnya.

Menjelang Hari Raya Idulfitri, menyiapkan makanan khas dari berbagai daerah untuk disajikan kepada para tamu merupakan sebuah tradisi dari sebagian keluarga. Salah satu menu lebaran khas daerah yang cukup terkenal adalah masakan Sunda.


Berikut sepuluh makanan lebaran khas Sunda yang cocok untuk disajikan pada Hari Raya Idulfitri:

1. Karedok

Menu karedok terkadang sering disamakan dengan gado-gado. Namun pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan dalam penyajian sayurannya. Jika karedok masih dalam keadaan fres, sedangkan gado-gado sudah direbus terlebih dahulu.

Beberapa sayuran yang biasa digunakan sebagai pelengkap dari sajian karedok diantaranya seperti timun, tauge, kacang panjang, terong, kol, serta kemangi.

2. Mie Kocok

Mie kocok merupakan sajian menu lebaran yang terdiri dari campuran mie dan tauge ke dalam sebuah wadah, kemudian dikocok-kocok serta dicelupkan ke dalam kuah kaldu yang masih panas.

Selain bahan tersebut, Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan tambahan lainnya seperti mi kuning, bakso hingga tetelan sapi untuk mendapatkan rasa yang lezat.

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug Oncom juga menjadi salah satu menu lebaran yang banyak disukai oleh sebagian orang. Menu ini dapat dibuat dengan cara menggongseng nasi bersama oncom bakar yang telah ditumbuk (tutug).

Usai menumbuk, nasi pun kemudian ditambahkan dengan bumbu ulek yang berasal dari campuran bawang-bawangan, kencur, lada, cabai dan garam.

4. Kupat tahu

Menu khas lebaran yang satu ini dapat dibuat dari potongan ketupat, tauge rebus, tahu Bandung dan disiram dengan kuah kacang. Makanan khas Sunda yang satu ini terbilang lebih mudah dalam pembuatannya dari makanan khas yang lainnya.


5. Soto Bandung

Masih dengan makanan kuah, soto Bandung juga bisa menjadi menu yang cocok disajikan saat lebaran tiba. Soto ini terbuat dari daging suwir, lobak rebus dan kacang kedelai goreng.

Untuk bumbu kuah soto Bandung ini terbuat dari campuran bawang putih, lada, jahe, dan garam yang dihaluskan, lalu ditumis. Setelah kuah mendidih, Anda bisa menambahkan daging dan lobak rebus sebagai pelengkapnya.

6. Nasi Liwet

Nasi liwet juga masuk dalam daftar makanan khas Sunda yang cocok untuk disajikan sebagai menu lebaran. Selain pembuatannya yang mudah, masakan yang satu ini juga memiliki rasa yang khas dan enak.

Nasi liwet terbuat dari olahan beras yang tercampur dengan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, serai, garam, dan penyedap rasa. Sebelum dicampurkan, bumbu halus tersebut ditumis terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan nasi.

Nasi liwet bisa disajikan dengan beberapa jenis lauk yang lezat dan gurih seperti ayam bakar, telur dadar, ikan goreng, tahu, tempe, jengkol, pete, lalapan, sambal, hingga sayur asem.

7. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan khas asli dari Cirebon yang terbuat dari daging, usus, serta babat sapi. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dimasak menggunakan gentong serta kayu bakar. Sehingga dagingnya pun akan terasa lebih empuk dan harum.

Untuk penyajiannya, Anda bisa menyandingkan empal gentong bersama ketupat atau lontong. Sehingga akan menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat.

8. Sate Maranggi

Sate Maranggi bisa menjadi pilihan menu yang menarik untuk dicoba. Sebab sate yang satu ini dibuat dengan cara yang berbeda dari sate yang lain. Biasanya bumbu sate biasa disiram dengan bumbu kacang, sedangkan sate maranggi hanya menggunakan kecap, cabai dan acar tomat.

Agar menciptakan rasa yang lebih lezat dan nikmat, Anda bisa menyajikannya bersamaan dengan lontong maupun ketupat lebaran.

9. Besengek Cabe Hijau

Besengek merupakan makanan yang terbuat dari rempah-rempah seperti cabe hijau, bawang, lengkuas, kemiri, kaldu bubuk dan serai. Bumbu tersebut nantinya akan dicampur dengan bahan utama daging sapi atau ayam serta tambahan santan.

10. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi yang biasanya dibuat untuk bekal pada petani yang bekerja di ladang. Pembuatan makanan khas yang satu ini mirip dengan menanak nasi biasa.

Letak perbedaannya terdapat pada penyajian nasi timbel yang dibungkus daun pisang, lalu ditambah dengan aneka lauk-pauk, seperti tahu, tempe, sambal, lalapan, ayam goreng atau bisa juga dengan sayur asem.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)