Penyakit yang Mengintai Lewat Makanan saat Lebaran

Kamis, 20 April 2023 - 06:00 WIB
loading...
Penyakit yang Mengintai Lewat Makanan saat Lebaran
Ada banyak penyakit yang mengintai lewat makanan saat Lebaran. Ini karena Hari Raya Idul Fitri identik dengan berbagai sajian makanan yang menggugah selera. Foto/Endeustv
A A A
JAKARTA - Ada banyak penyakit yang mengintai lewat makanan saat Lebaran . Ini tak lain karena Hari Raya Idul Fitri identik dengan berbagai sajian makanan yang menggugah selera.

Seperti halnya opor, gulai, rendang hingga aneka kue kering. Meski terasa enak, namun makanan tersebut bisa menyebabkan penyakit sehingga menimbulkan kekambuhan. Terlebih jika dikonsumsinya secara berlebihan saat Lebaran .

Ada dua penyakit yang mengintai saat Lebaran lewat deretan makanan tersebut, yaitu kolesterol tinggi dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena itu penting untuk mengonsumsi makanan ini dengan bijak.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.



"Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel baru, menghasilkan vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak," jelas keterangan yang dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (20/4/2023).

"Namun jika kolesterol berlebihan akan membahayakan kesehatan sehingga berpotensi menimbulkan penyakit seperti stroke dan jantung," tambahnya.

Sementara itu, tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah

"Kondisi ini sangat berbahaya bahkan, penderita tekanan darah tinggi berisiko mengalami kematian mendadak karena seringkali tak ditemukan gejala yang jelas," jelasnya.



Penyakit lainnya yang mengintai saat Lebaran lewat makanan adalah obesitas, diabetes dan diare. Meski demikian, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan yang tersaji. Hanya saja tidak dikonsumsi secara berlebihan dan perhatikan kadar gizi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)