Disarankan Terapkan Diet, Ini Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Lupus

Kamis, 20 April 2023 - 19:07 WIB
loading...
Disarankan Terapkan Diet, Ini Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Lupus
Pengidap lupus disarankan menerapkan diet sehat, dengan tujuan mengurangi peradangan dan gejala lain dari sakit lupus. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Penyanyi Isyana Sarasvati membagikan kabar bahwa dirinya didiagnosis mengidap autoimun, salah satunya SLE. Untuk diketahui autoimun SLE juga dikenal sebagai penyakit lupus.

Autoimun SLE (systemic lupus erythematosus) termasuk sakit autoimun yang kronis. Isyana pun mengingatkan penggemarnya agar menjaga kesehatan, karena penyakit yang dideritanya, efek dari suka mengabaikan rasa capek.

"Semangaat! Yang belum paham autoimun SLE apa boleh ceki di internet aja yes. TAPI SATU SIH DARI AKU. SEHAT ITU MUAA MUAA MUAAHAAAL GUYS! Please sayang sayang badan kalian. Kalau emang sudah kecapean jangan diforsir, istirahat sejenak," tulis Isyana dalam keterangan unggahannya di akun Instagram @isyanasarasvati, dikutip Kamis (20/4/2023).



Sementara itu, penderita lupus disarankan menerapkan diet sehat. Ini dilakukan dengan tujuan mengurangi peradangan dan gejala lain dari sakit lupus.

"Secara umum, penderita lupus harus mengusahakan diet seimbang yang mencakup banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Itu juga harus mencakup daging, unggas, dan ikan berminyak dalam jumlah sedang," bunyi laporan laman kesehatan WebMD.

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi di antaranya makanan kaya antioksidan, dan vitamin lain yakni ikan, kacang dan biji rami bubuk, serta minyak seperti zaitun dan kanola.

Apabila mengonsumsi susu, pastikan susu tersebut aman seperti susu bebas laktosa, susu kedelai, susu almond, dan jus yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

Selain itu, perlu juga ditambah mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon, tuna, ikan kembung dan sarden.

Makanan dan minuman lainnya yang bagus untuk dikonsumsi adalah yang mengandung kalsium di antaranya susu, keju, yogurt, tahu, kacang polong, susu nabati yang diperkaya kalsium, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)