10 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik ke Kampung Halaman

Jum'at, 21 April 2023 - 07:50 WIB
loading...
10 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik ke Kampung Halaman
Ada beberapa tips mencegah mabuk perjalanan saat mudik ke kampung halaman. Mabuk perjalanan adalah kondisi gangguan telinga bagian dalam yang sangat umum. Foto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips mencegah mabuk perjalanan saat mudik ke kampung halaman. Mabuk perjalanan adalah kondisi gangguan telinga bagian dalam yang sangat umum yang disebabkan oleh gerakan berulang.

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja. Namun, sensitivitas orang terhadap gerakan berbeda-beda. Mabuk perjalanan paling sering menyerang anak-anak berusia 2 hingga 12 tahun, wanita hamil dan orang yang rentan terhadap migrain.

Selain perjalanan laut, mabuk perjalanan dapat berkembang dari pergerakan mobil atau turbulensi di pesawat terbang. Adapun gejala mabuk perjalanan meliputi mual, muntah, pusing, berkeringat dan perasaan tidak enak badan.

Gejala tersebut muncul dari telinga bagian dalam akibat perubahan rasa keseimbangan. Berikut tips mencegah mabuk perjalanan saat mudik ke kampung halaman dilansir dari Medicinenet, Jumat (21/4/2023).

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik ke Kampung Halaman





1. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan. Hindari alkohol berlebihan dan makanan atau cairan yang tidak cocok dengan Anda atau membuat Anda merasa sangat kenyang. Makanan berat, pedas, atau kaya lemak dapat memperburuk mabuk perjalanan pada beberapa orang.

2. Menghindari bau makanan yang kuat juga dapat membantu mencegah mual selama perjalanan.

3. Cobalah untuk memilih tempat duduk di mana Anda akan mengalami sedikit gerakan. Bagian tengah pesawat di atas sayap adalah area paling tenang dari sebuah pesawat. Di kapal, mereka yang berada di kabin tingkat rendah di dekat bagian tengah kapal umumnya mengalami pergerakan yang lebih sedikit daripada penumpang di kabin yang lebih tinggi atau di luar.

4. Jangan duduk menghadap ke belakang dari arah perjalanan Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)