5 Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Lebaran, dari Diare hingga Kolesterol Tinggi

Jum'at, 21 April 2023 - 09:10 WIB
loading...
5 Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Lebaran, dari Diare hingga Kolesterol Tinggi
Ada penyakit yang harus diwaspadai saat Lebaran. Masalah kesehatan ini muncul akibat mengonsumsi makanan pedas, berminyak dan berlemak tinggi secara berlebihan. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Ada penyakit yang harus diwaspadai saat Lebaran . Deretan masalah kesehatan ini muncul akibat mengonsumsi berbagai makanan pedas, berminyak dan berlemak tinggi secara berlebihan.

Meski terasa enak, namun makanan tersebut tinggi kalori, lemak, gula dan garam yang tidak sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan secara berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit muncul saat Lebaran .

Sehingga penting mengontrol porsi makan untuk mencegah mengidap berbagai penyakit atau kekambuhan. Berikut daftar penyakit yang harus diwaspadai saat Lebaran menurut dokter spesialis gizi klinik dr Inge Permadhi di Jakarta baru-baru ini.

Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Lebaran





1. Diare


Selama puasa, saluran pencernaan istirahat. Sehingga makan makanan secara berlebihan saat Lebaran membuat perut bereaksi dengan memicu diare. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja.

2. Kolesterol Tinggi


Makanan tinggi lemak dan kalori bisa menjadi penyebab kolesterol naik atau kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol dalam darah berlebihan, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung.



3. Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat saat Lebaran. Penyakit ini juga sering kambuh karena konsumsi makanan tinggi garam yang berlebihan. Parahnya, hipertensi bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba karena gejalanya yang tidak jelas.

4. Diabetes


Kadar gula yang tinggi dalam tubuh akibat mengonsumsi makanan tinggi gula saat Lebaran seperti kue kering, nasi hingga sirup yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes.



5. Asam Urat


Asam urat juga merupakan penyakit yang harus diwaspadai saat Lebaran. Sebab, kondisi ini bisa muncul akibat mengonsumsi makanan seperti daging, jeroan, emping hingga kaldu gurih secara berlebihan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)