Waspada, Penyakit Ini Sering Terjadi usai Rayakan Lebaran

Jum'at, 21 April 2023 - 13:53 WIB
loading...
Waspada, Penyakit Ini Sering Terjadi usai Rayakan Lebaran
Selain penyakit pernapasan, tidak jarang juga timbul penyakit yang berkaitan dengan pencernaan akibat dari pola makan yang berubah secara mendadak. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Sebagian besar umat Islam di Indonesia merayakan Idul Fitri dengan mudik ke kampung halaman. Berbagai kegiatan dilakukan selama Lebaran , seperti silaturahmi hingga makan bersama.

Epidemiolog Griffith University Australia, dr. Dicky Budiman pun mengingatkan masyarakat terhadap penyakit pernapasan. Pasalnya, momen lebaran kali ini berada di tengah merebaknya Covid-19 varian Arcturus. Gejalanya khas, yakni seperti flu dan batuk.

Di samping itu, tidak jarang juga timbul penyakit yang berkaitan dengan pencernaan akibat dari pola makan yang berubah secara mendadak. Hal ini terjadi lantaran dampak dari tidak mengontrol hidangan khas lebaran.



"Terutama penyakit saluran pernapasan seperti Covid-19, flu, dan ISPA. Infeksi saluran cerna seperti demam thyphoid atau gangguan pencernaan akibat pola makan yang mendadak berubah dan berlebihan," tutur dr. Dicky saat dihubungi pada Kamis, 20 April 2023.

Senada dengan Dicky Budiman, Dokter Spesialis Gizi, dr. Yohan Samudra menyampaikan bahwa penyakit yang dialami pasca lebaran umumnya berkaitan saluran pencernaan dan penyakit infeksi pernapasan, bahkan permasalahan otot dan sendi bisa dialami.

"Sakit maag, diare, sakit kepala, nyeri sendi dan otot. Selain itu penyakit infeksi juga sering, terutama anak-anak, karena saat lebaran kumpul keluarga besar, seperti batuk pilek, jangan lupa juga Covid masih ada, bahkan kasusnya sedang naik," papar dr. Yohan.

Dokter Yohan pun mengimbau agar masyarakat tetap memerhatikan asupan dan jam istirahat selama momen libur Idul Fitri ini. Apabila kondisi tidak baik, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

Dia juga menyarankan masyarakat untuk mengimbanginya dengan asupan sayuran dan buah. Pasalnya, sayur dan buah tinggi serat, dan mampu mengontrol gula darah.



"Tetap perhatikan asupan gizi, berperilaku bersih dan sehat, serta tahu kapan harus beristirahat dan mengenal kondisi-kondisi kapan harus ke dokter," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)