Tips Masak Sayuran Beku Sama Enak dengan yang Segar

Selasa, 21 Juli 2020 - 12:30 WIB
loading...
Tips Masak Sayuran Beku Sama Enak dengan yang Segar
Sayur kalengan bisa menjadi bahan pokok dapur yang sangat fleksibel. Foto Ilustrasi/Wise Bread
A A A
JAKARTA - Sayur kalengan bisa menjadi bahan pokok dapur yang sangat fleksibel. Hanya, terkadang tekstur sayuran kaleng kurang menarik dibandingkan sayuran segar. Sayuran beku yang tidak dimasak secara benar juga dapat mengurangi kenikmatan masakan.

Meski demikian, sayuran beku bisa terasa sama enaknya dengan sayuran segar dan malah terkadang lebih lezat. Untuk membantu Anda memasak sayuran beku yang nikmat, berikut tips memasak sayuran beku agar terasa sama enaknya dengan sayuran segar, seperti dilansir laman Eating Well pada Selasa (21/7). ( )

1. Jangan Terlalu Matang
Metode apapun yang Anda pilih untuk memasak sayuran beku, apakah direbus, dikukus, dipanggang, ataupun ditumis, pastikan untuk tidak memasaknya terlalu lama.

"Sayuran beku membutuhkan waktu lebih sedikit untuk dimasak karena bahan tersebut pada dasarnya sudah matang. Anda hanya perlu memanaskannya kembali," jelas editor makanan majalah EatingWell, Carolyn Malcoun.

Pengembang resep EatingWell Carolyn Casner merekomendasikan metode pengolahannya dengan cara mengukus si sayuran beku ketimbang merebus. "Merebus membuat mereka lebih lusuh," katanya.

2. Dimasak Bersama Hidangan Lain
Carolyn Casner merekomendasikan penggunaan sayuran beku pada hidangan seperti sup, semur, casserole, dan kari. Anda juga boleh menambahkan sayuran beku dengan nasi dan telur, menjadi nasi goreng, atau bahkan alternatif lainnya yaitu dikonsumsi dalam bentuk sandwich.

3. Bumbui
Jika Anda ingin menyajikan sayuran beku saja, perlu diingat bahwa sayuran ini biasanya membutuhkan lebih banyak "perlakuan istimewa" daripada sayuran segar. Bahan-bahan asam seperti lemon atau cuka, lemak seperti mentega dan minyak zaitun, bumbu pedas seperti cabai atau saus pedas, bahan-bahan gurih seperti keju, bacon dan kacang-kacangan, serta bumbu segar dan kering adalah bumbu terbaik untuk sayuran beku. ( )

4. Panggang
Jika Anda bertanya-tanya apakah bisa memanggang sayuran beku, jawabannya adalah bisa. Casner menyarankan untuk memanaskan loyang dalam oven 450 derajat farenheit untuk hasil yang renyah. Adapun sayuran yang bisa dipanggang adalah brokoli, kembang kol, kacang hijau, dan kubis.

5. Dijadikan Manisan
Masak saja dengan mentega, kemudian tambahkan pemanis favorit Anda seperti madu atau gula merah lalu deglaze dengan cairan asam. Selain bawang, kacang polong, wortel, dan bit juga cocok dijadikan manisan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3484 seconds (0.1#10.140)