Mengenal Gagal Napas dan Masalah Jantung Seperti Dialami Iqbal Pakula

Selasa, 25 April 2023 - 09:20 WIB
loading...
Mengenal Gagal Napas dan Masalah Jantung Seperti Dialami Iqbal Pakula
Gagal napas dan masalah jantung disebut menjadi penyebab meninggalnya Iqbal Pakula. Artis tersebut meninggal dunia pada Selasa (25/4/2023) pukul 02.30 WIB. Foto/Instagram Iqbal Pakula
A A A
JAKARTA - Gagal napas dan masalah jantung disebut menjadi penyebab meninggalnya Iqbal Pakula . Artis tersebut meninggal dunia pada Selasa (25/4/2023) pukul 02.30 WIB di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta pada usia 46 tahun.

Gagal napas dan masalah jantung seperti yang dialami Iqbal merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Penyakit jantung sendiri menjadi pembunuh nomor satu hingga saat ini.

Gagal napas yang dialami Iqbal sebelum meninggal kemungkinan akibat gagal jantung. Sesak napas pada penderita gagal jantung terjadi akibat kongesti paru atau penumpukan cairan pada rongga interstisial dan alveoli paru (kantung tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida).



Cairan yang menumpuk akan menghambat pengembangan paru-paru, sehingga mengalami kesulitan bernapas. Faktor penyebab kondisi ini antara lain obesitas, infeksi paru, atau akibat distress psikologi seperti kecemasan dan depresi.

"Kegagalan fungsi paru akibat penumpukan cairan berdampak pada penurunan saturasi oksigen," jelas laporan Pusat Jantung Nasional, dikutip Selasa (25/4/2023).

Pada dasarnya sesak napas dan gagal jantung bisa disebabkan karena banyak hal. Namun, menjaga pola hidup sesuai anjuran dokter jantung, termasuk rutin minum obat, diharapkan mampu mencegah terjadinya sesak napas dan perburukan jantung.



Sementara itu, jenazah Iqbal Pakula rencananya akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)