Anak Rentan Sakit saat Mudik, Begini Cara Mengatasinya

Selasa, 25 April 2023 - 16:40 WIB
loading...
Anak Rentan Sakit saat Mudik, Begini Cara Mengatasinya
Anak rentan sakit saat mudik lebaran. Karena itu, orang tua harus tahu cara-cara mengantisipasi hal tersebut. Foto Ilustrasi/Dok MNC Media
A A A
JAKARTA - Anak rentan sakit saat mudik lebaran. Karena itu, orang tua harus tahu cara-cara mengantisipasi hal tersebut agar perjalanan ke dan dari kampung halaman berjalan lancar.

Mudik bersama keluarga tentu sangat menyenangkan, dan bahkan menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Terlebih lebaran 2023 ini jadi kali pertama masyarakat bebas mudik setelah mengalami pembatasan akibat pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir.

Moda transportasi yang digunakan bermacam-macam, dari kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, hingga kendaraan umum semisal bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat.



Apa pun moda transportasi yang Anda pilih, tetap harus berhati-hati karena kemungkinan saat perjalanan mudik anak-anak akan mudah sakit. Misalnya saja mengalami masuk angin.

Melansir laman Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, Selasa (25/4/2023), sebelum mudik maupun pulang kembali ke rumah, ada berbagai persiapan yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga, yakni anak sakit. Sehingga untuk mengantisipasinya, ketahui apa saja penyebab anak sakit saat mudik dan cara mengatasinya.

Cara mengatasi anak sakit saat mudik ataupun balik perlu disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Apabila mengalami gejala batuk dan pilek, Anda bisa memberikannya obat yang mengandung dextromethorphan, guaifenesin, pseudoephrine, dan chlorpheniramine untuk membantu meredakannya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan obat dengan kandungan paracetamol untuk menurunkan demam, mengatasi sakit kepala, hingga meredakan nyeri di telinga yang dialami si Kecil.



Sementara, jika anak mengalami diare, pastikan asupan cairannya terpenuhi agar terhindar dari dehidrasi. Untuk mengatasi mabuk perjalanan, cobalah ajak untuk mengistirahatkan matanya selama perjalanan.

Kemudian, apabila mudik menggunakan kendaraan roda empat atau mobil pribadi, Anda bisa berhenti sejenak di rest area supaya anak dapat menghirup udara segar dan meredakan gejala mabuk perjalanan yang dialaminya.

Meskipun saat ini pandemi sudah mulai pudar, namun tidak ada salahnya Anda khususnya si kecil tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) saat perjalanan menuju kampung halaman dan saat pulang mudik. Misalnya dengan membawa sejumlah obat-obatan, vitamin, minyak angin, hand sanitizer, hingga masker.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)