5 Manfaat Menggunakan Sunscreen di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Rabu, 26 April 2023 - 05:16 WIB
loading...
5 Manfaat Menggunakan Sunscreen di Tengah Cuaca Panas Ekstrem
Menjaga kulit dari paparan sinar ultra violet yang berasal dari matahari sangatlah penting, terutama di cuaca panas ekstrem yang terjadi belakangan ini. / Foto: ilustrasi/istimewa
A A A
JAKARTA - Cuaca panas ekstrem belakangan ini terjadi di wilayah Asia Ternggara, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengindikasikan hal tersebut.

Dengan kondisi demikian, masyarakat pun diminta untuk berhati-hati, terutama ketika berada di luar ruangan.

"Untuk itu, mari kita jaga agar terhindar dari dampak cuaca panas ketika sedang atau sering berada di luar ruangan," ujar juru bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril dalam keterangan resminya, Selasa (25/4/2023).



Di samping itu, menjaga kulit dari paparan sinar ultra violet yang berasal dari matahari sangatlah penting. Penggunaan pelindung kulit seperti sunscreen atau sunblock pun sangat disarankan. Ini agar terhindar dari terbakarnya kulit.

Sebagaimana dilansir laman Parrish Health Care, berikut sejumlah manfaat penggunaan sunscreen untuk perawatan kecantikan agar kulit tetap terjaga di cuaca panas ekstrem.

1. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan


Rutin menggunakan sunscreen setiap hari dapat mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Jika Anda berada di bawah sinar matahari langsung tanpa perlindungan sunscreen, maka itu berpotensi merusak kolagen dan jaringan ikat kulit. Itu berarti Anda bisa kehilangan elastisitas dan menimbulkan kerutan di kulit.

2. Mengurangi Flek atau Bintik-bintik Hitam


Menggunakan sunscreen dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah akibat paparan sinar UV. Paparan tersebut membuat noda di kulit. Oleh karenanya, jangan sampai terlewat mengoleskan sunscreen baik saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

3. Menghindari Sunburn


Paparan sinar matahari tidak hanya menimbulkan bintik-bintik hitam di kulit, tapi juga bisa membuat kulit Anda terbakar (sunburn). Akibatnya klit akan terlihat lebih gelap, kusam dan warnanya tidak merata.

Terbakar akibat sinar matahari biasanya membutuhkan waktu beberapa hari atau lebih lama untuk pulih, jadi sangat penting untuk selalu memakai sunscreen atau tabir surya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3158 seconds (0.1#10.140)