Cuaca Panas Menyegat, Ini 4 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah karena Dehidrasi

Selasa, 25 April 2023 - 17:38 WIB
loading...
Cuaca Panas Menyegat, Ini 4 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah karena Dehidrasi
Anda tidak perlu bingung jika mengalami bibir pecah-pecah, karena terdapat sejumlah cara alami untuk mengatasinya. / Foto: ilustrasi/Touch of Mink
A A A
JAKARTA - Ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh biasanya kelembaban bibir menghilang yang ditandai dengan bibir pecah-pecah atau kering.

Dehidrasi terjadi umumnya dikarenakan cuaca yang sangat terik. Belakangan ini, beberapa negara, termasuk Indonesia, tengah menghadapi cuaca panas .

Namun, Anda tidak perlu bingung jika mengalami bibir pecah-pecah, karena terdapat sejumlah cara alami untuk mengatasinya. Anda pun cukup menggunakan bahan yang ada di rumah.



1. Madu


Cara pertama mengoleskan madu. Ini juga berfungsi sebagai exfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati yang kering dari bibir Anda. Dengan memilih madu organik, dan oleskan ke bibir Anda sepanjang hari menggunakan jari atau kapas.

2. Lip Balm


Krim atau stik lip balm umumnya dimiliki di rumah. Lip balm cukup mampu mengatasi bibir kering atau pecah-pecah. Menurut Direktur Penelitian dan Kosmetik Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner, MD, bibir pecah-pecah terkadang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi jika tidak setelah 1-2 hari, coba gunakan lip balm.

"Bibir pecah-pecah, dikenal sebagai cheilitis, sangat umum terjadi, dan paling sering disebabkan cuaca dingin, kering, dan berangin. Meskipun bibir pecah-pecah biasanya tidak berbahaya, penting untuk melindungi dan menghidrasinya dengan perawatan yang tepat," ungkap dikutip Everyday Health.

3. Penuhi Asupan Air Putih


Bibir pecah atau kering bisa jadi salah satu tanda alami dehidrasi. Meskipun begitu, pastikan Anda tetap memenuhi asupan air putih, paling tidak 8 gelas per hari.

4. Oleskan Lidah Buaya


Bukan hanya madu, saat Anda mengalami bibir pecah-pecah, ada baiknya mengoleskan aloe vera atau lidah buaya. Bisa menggunakan lidah buaya dalam kemasan atau langsung.

Bisa juga menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman lidah buaya. Potong daun dari tanaman dan iris terbuka untuk mengambil gelnya. Potong lidah buaya dan ambil gelnya, lalu simpan dalam wadah, dan oleskan gel ke bibir dengan jari sesuai kebutuhan.



"Lidah buaya, pengobatan rumahan untuk luka bakar akibat sinar matahari. Sifat anti-inflamasi dan efek menenangkannya menjadikannya pilihan tepat untuk merawat bibir pecah-pecah juga," tulis Healthline dalam lamannya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2788 seconds (0.1#10.140)