5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan

Rabu, 26 April 2023 - 14:20 WIB
loading...
5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan
Jajanan kaki lima atau street food di India paling populer diantaranya Dosa. Makanan ini sangat digemari banyak wisatawan saat bertandang ke India. Foto/Ilustrasi/Sukhis
A A A
JAKARTA - Jajanan kaki lima atau street food di India paling populer menarik untuk diulas. Sebab, selain musik dan filmnya, India memiliki banyak kuliner yang lezat dengan harga terjangkau.

Jika Anda jalan-jalan ke India, nantinya akan menemukan berbagai macam jajanan street food yang menggugah selera. Bahkan di antaranya bisa ditemukan di Indonesia. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 di antaranya.

Street Food India Paling Populer

1. Kofta

5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan

Kofta atau bola-bola daging juga jadi salah satu makanan khas India yang terkenal di dunia, dan bisa Anda dapatkan juga di Indonesia. Makanan yang terbuat dari daging kambing ini rasanya lezat, dan biasa disajikan sebagai lauk pauk yang spesial.

Bagi Anda yang tidak menyukai daging kambing, tenang saja, sudah banyak yang menjualnya dicampurkan dengan sayur-sayuran. Khususnya bagi Anda vegetarian, lemak dan seratnya akan seimbang, dan tentunya tidak bau prengus karena telah dikombinasikan dengan rempah-rempahnya yang kuat.


2. Chana Masala

5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan

Lalu ada chana masala atau yang sering disebut dengan Chennai atau juga Chloe, merupakan salah satu makanan khas India, tepatnya India bagian utara. Makanan ini berbahan utamanya, yaitu buncis atau chana.

Buncis Chana ini ukurannya dua kali lipat dari diameter buncis pada umumnya. Menariknya lagi, buncis Chana ini memiliki rasa yang kuat, tekstur lebih padat setelah dimasak. Chana Masala ini memiliki cita rasa yang khas, dan biasanya dinikmati dengan puri atau roti India.

3. Laddu

5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan

Laddu atau Laddoo adalah kue yang berbentuk bulat-bulat kecil. Makanan ini memiliki cita rasa manis, karena berbahan utama tepung dan gula. Tepung yang digunakan yakni gandum kasar. Selain itu, tepung kacang panjang dan kelapa juga biasa dipilih sebagai bahan baku Laddu. Sebelum adonannya dibentuk dan digoreng, diolesi ghee (mentega khas India) terlebih dahulu.

Jajanan ini sering disuguhkan sebagai hidangan penutup di acara perayaan atau keagamaan, seperti Idul Fitri. Saking lezatnya, konon Bhima, salah seorang tokoh dalam kisah Mahabharata begitu jatuh hati dengan makanan satu ini. Sehingga dibuat sejarahnya dan menjadi salah satu dongeng terkenal di India.

4. Dosa

5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan

Jangan salah, ketika menyantap makanan ini Anda tidak akan berdosa. Kudapan khas India tersebut namanya benar-benar dosa, atau disebut juga dose. Berasal dari kawasan India Selatan, keberadaanya cukup populer bahkan banyak digemari wisatawan yang plesiran ke India, lho.

Dosa terbuat dari adonan fermentasi beras, dan kacang hitam. Umumnya masyarakat India menyantap makanan ini sebagai camilan, atau menu sarapan pagi. Diberi berbagai macam isian, seperti campuran kentang tumbuk dan rempah-rempah khas. Rasanya unik dan nikmat, membuatnya menjadi salah satu makanan paling lezat di dunia.

5. Rogan Josh
5 Street Food India Paling Populer, Nomor 4 Banyak Digemari Wisatawan

Bagi Anda pecinta makanan pedas, rogan josh menjadi salah satu kuliner khas India yang wajib dicoba. Rogan josh merupakan hidangan yang terkenal dengan cita rasa pedasnya, sampai-sampai bisa membakar lidah menjadi kelu. Ini karena bahan dasarnya menggunakan cabai Kashmir yang merupakan salah satu cabai terpedas di dunia.

Sementara itu, protein yang digunakan yaitu daging domba yang dimasak dengan daun salam, ketumbar, merica, yoghurt, dan rempah-rempah lainnya. Rasa pedasnya, dipadukan dengan daging domba yang lembut, serta gurihnya rempah-rempah khas India akan membuat selera makan Anda semakin lahap.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)