5 Penyebab Rambut Gatal saat Cuaca Panas, Nomor Terakhir Wajib Diwaspadai

Minggu, 30 April 2023 - 17:15 WIB
loading...
5 Penyebab Rambut Gatal saat Cuaca Panas, Nomor Terakhir Wajib Diwaspadai
Penyebab rambut gatal saat cuaca panas sangat penting diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki rambut panjang dan sering menggunakan penutup kepala. Foto/Ilustrasi/
A A A
JAKARTA - Penyebab rambut gatal saat cuaca panas sangat penting diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki rambut panjang dan sering menggunakan penutup kepala.

Seperti diketahui, saat cuaca panas melanda, rambut rentan mengalami berbagai masalah. Salah satunya yakni gatal-gatal di kulit kepala. Hal ini tentu membuat kamu akan merasa tidak nyaman melakukan aktifitas sehari-hari.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya sehingga cara mengatasinya akan lebih mudah, khususnya saat cuaca panas melanda seperti sekarang ini.

Penyebab Rambut Gatal saat Cuaca Panas

1. Ketombe

Cuaca yang panas memicu rambut menjadi lebih lepek dan berminyak karena keringat. Hal ini lantas memicu timbulnya banyak ketombe di kulit kepala yang membandel, sehingga menjadi penyebab utama seseorang merasakan gatal di kulit kepala.


2. Rambut yang lembab karena keringat

Cuaca panas yang ekstrem juga kerap membuat rambut menjadi kering. Pada tingkat kelembapan yang tinggi, rambut menjadi lebih rapuh, dan rentan akan terjadinya kerusakan serta risiko patah.

Kelembapan membuat keringat tidak dapat menguap dengan efektif, sehingga bakteri, minyak berlebih, kotoran dan polutan bisa menempel. Hal-hal ini dapat cepat menumpuk di kulit kepala dan melemahkan pertahanan kulit kepala.

Semakin lama rambut dan kulit kepala terpapar kondisi cuaca ekstrem, semakin besar pula kemungkinan terjadi penumpukan kotoran, bakteri, polutan yang dapat menyebabkan rambut gatal dan melemahkan pertahanan alami kulit kepala.

3. Dermatitis seboroik

Salah satu jenis Dermatitis ini merupakan gangguan rambut yang bisa jadi salah satu pemicu kulit kepala sering terasa gatal, bersisik, berketombe, dan berwarna kemerahan.

Meski penyebabnya belum diketahui pasti, ada beberapa faktor yang diketahui bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kondisi ini.

Yakni kulit kepala berminyak, pertumbuhan jamur secara berlebihan di kulit kepala, faktor keturunan, hingga peningkatan kadar hormon androgen dalam tubuh.

4. Kudis penyebab kulit kepala gatal

Tak hanya di kulit, kudis ternyata juga bisa membuat kulit kepala terasa gatal yang sangat intens dan tentunya sangat mengganggu.

Masalah kulit kepala ini terjadi karena tungau kecil yang bersembunyi pada kulit kepala karena kerap menghiraukan kebersihan kulit kepala saat cuaca panas.

5. Lesi prakanker

Kamu juga perlu mewaspadai penyebab rambut gatal satu ini. Pasalnya, lesi prakanker akan terlihat seperti bintik berkerak dengan diameter sekitar seperempat inci.

Selain di kulit kepala, luka ini bisa hadir dalam bentuk bercak merah, bersisik, dan gatal pada tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)