10 Penyakit Mematikan yang Bisa Dideteksi Lewat Pemeriksaan Mata

Rabu, 03 Mei 2023 - 06:30 WIB
loading...
10 Penyakit Mematikan yang Bisa Dideteksi Lewat Pemeriksaan Mata
Ada 10 penyakit mematikan yang bisa dideteksi lewat pemeriksaan mata. Dokter merekomendasikan untuk memeriksakan mata secara berkala demi menjaga kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada 10 penyakit mematikan yang bisa dideteksi lewat pemeriksaan mata . Dokter pun sering merekomendasikan untuk memeriksakan mata secara berkala demi menjaga kesehatan.

Namun, sebagian orang tidak melakukan pemeriksaan mata sampai memiliki masalah dengan penglihatan. Sebab, pemahaman tentang mata hanya terbatas pada kekuatan fokus dan penglihatannya.

Padahal, mata dapat mengungkapkan penyakit dalam tubuh pada tahap yang sangat awal. Tanda dan gejala yang paling tidak mungkin ditemukan dapat dideteksi melalui pemeriksaan mata secara teratur.

Penyakit Mematikan yang Bisa Dideteksi Lewat Pemeriksaan Mata



Berikut daftar penyakit mematikan yang bisa dideteksi lewat pemeriksaan mata dilansir dari Times of India, Rabu (3/5/2023).



1. Tekanan Darah Tinggi


Pendarahan yang tidak dapat dijelaskan di mata bisa menjadi tanda tekanan darah tinggi. Ini disebut perdarahan subkonjungtiva, di mana pembuluh darah kecil yang lebih dekat ke permukaan mata pecah.

Hal ini juga disebabkan karena ketegangan mata saat batuk dan bersin, cedera pada kepala atau mata, mata bergesekan dan memakai lensa kontak terlalu lama. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati menyebabkan retinopati hipertensi, kondisi pembuluh darah di retina rusak.

2.Diabetes


Diabetes memiliki efek terburuk pada mata. Oleh karena itu mereka yang menderita diabetes atau mengidap faktor risiko gangguan metabolisme ini dianjurkan untuk memeriksakan kadar glukosa darah mereka. Pemeriksaan mata secara teratur dapat membantu mendeteksi diabetes lebih cepat.

Karena diabetes, orang tersebut melihat bintik-bintik gelap dan mengambang. Terlepas dari floaters, penglihatan menjadi buram dan terkadang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi warna. Diabetes yang tidak diobati juga dapat membutakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)