Hotel di Bogor Usung Konsep Green Tourism, Dedie Rachim Ingatkan Tanggungjawab Atasi Udara Panas

Selasa, 02 Mei 2023 - 16:05 WIB
loading...
Hotel di Bogor Usung Konsep Green Tourism, Dedie Rachim Ingatkan Tanggungjawab Atasi Udara Panas
Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengaku sangat mendukung terhadap penginapan yang mengusung konsep green hotel atau green tourism di Kota Bogor. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengaku sangat mendukung terhadap penginapan yang mengusung konsep green hotel atau green tourism. Sebab, menurutnya penghijauan sudah harus gencar dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dan pemanasan global.

Hal itu disampaikan Dedie Rachim saat menghadiri penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Bogor Valley Hotel dengan Minaqu Indonesia, Selasa (2/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Dedie sempat menceritakan, baru saja dari Cilegon menyaksikan sendiri bagaimana proses kerja PLTU dari batu bara. Jabodetabek membutuhkan 35 ribu ton batu bara setiap hari. Sementara, setiap ton pembakaran batu bara menghasilkan 1 kiligram emisi karbon.

"Udara panas seperti ini menjadi tanggung jawab kita bersama, karena menikmati AC atau fasilitas listrik lainnya (dari batu bara). Supaya imbang, dosanya jangan banyak-banyak, mari kita peduli dengan penghijauan alam," tandasnya.



Untuk itu, Dedie memberikan dukungan positifnya bagi hotel-hotel yang mengusung konsep green tourism. Ia melihat Bogor Valley Hotel bisa menjadi pelopor untuk mengajak hotel lainnya di Kota Bogor.

"Semoga ini semakin berkembang buat Minaqu, semakin betah tamunya Bogor Valley Hotel, dan tentu Kota Bogor juga akan kebagian PAD-nya," katanya.

Sementara itu, General Manager Bogor Valley, Ali Hidayat mengaku dengan MoU ini sebagai bagian dari wujud mengukuhkan komitmennya mengusung green tourism. Magister Ilmu Terapan Wisata ini menggadang-gadang Bogor Valley Hotel bisa menjadi green hotel pertama di Kota Bogor.

"Pariwisata harus ada kontribusi mengurangi polusi dan emisi karbon dari global warning. Oleh karenanya, kita lakukan action langsung dengan penanaman. Ternyata ada Minaqu, kita lebih senang lagi," terangnya.

Sementara itu, Direktur Minaqu Indonesia Yasmin Sanad menuturkan, gebrakan Bogor Valley dalam menghadirkan tanaman hias di setiap sudut ruangannya patut diacungi jempol. Lantaran banyak hotel yang lebih memilih tanaman artifisial dengan alasan kendala perawatan.

"Padahal, tanaman hidup lebih banyak manfaatnya. Selain ruangan asri dan segar, tanaman hidup sejatinya memberikan oksigen yang kita butuhkan," ungkapnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)