Hindari Stres, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Suasana Hati dan Kesehatan

Selasa, 21 Juli 2020 - 23:30 WIB
loading...
Hindari Stres, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Suasana Hati dan Kesehatan
jika Anda merasa kesal akhir-akhir ini dan sedang mencari cara untuk membantu melawan stres, ada makanan sehat yang mengatasinya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Hidup telah berubah secara drastis dalam beberapa bulan terakhir. Pandemi telah membatasi sebagian besar orang untuk keluar rumah. Dengan demikian, orang-orang telah merasakan hal baru, tetapi banyak yang merasa bosan, bahkan mendatangkan perasaan putus karena ketidakpastian masa depan. Tapi, selalu ada solusi.

Para ahli mengatakan bahwa kesehatan mental dan kesehatan fisik saling terkait dan jika Anda focus pada salah satunya, secara otomatis Anda juga fokus pada yang lain; sehingga keduanya berjalan beriringan.

Sementara, jika Anda merasa kesal akhir-akhir ini dan sedang mencari cara untuk membantu melawan stres, pelatih kebugaran dan ahli gizi olahraga asal India, Diksha Chhabra menyarankan Anda melakukan beberapa perubahan pola makan yang sehat.

“Bisa dibilang usus yang sehat adalah usus yang bahagia. Ini dapat membantu Anda mengalahkan semua jenis stres dan kecemasan dan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Jenis makanan yang tepat mempengaruhi otak, dan diet seimbang bersama dengan olahraga, dapat mengatasi banyak masalah kesehatan mental,” kata Diksha.

Makanan yang kaya akan bahan kimia, vitamin, dan mineral, kata Diksha akan memengaruhi biokimia sehingga segera mengangkat suasana hati. Seperti dilansir The Indian Express, Diksha menyebut beberapa makanan yang bisa mengatasi stres. (Baca juga: Konsumsi Protein Nabati Membantu Hidup Lebih Lama ).

1. Cokelat hitam
Cokelat hitam, dengan setidaknya 70 persen kakao, merupakan penambah suasana hati yang sangat cocok dengan kelompok diet sehat, karena kandungan gulanya lebih sedikit. Cokelat hitam membantu meningkatkan endorfin dalam tubuh yang pada gilirannya membantu dalam mengurangi segala jenis tekanan emosional dan mental.

2. Omega 3
Asam lemak Omega 3 secara alami ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan dan biji rami. Mereka memainkan peran penting dalam pembuatan sel tubuh kita, kesehatan kulit dan rambut, yang memberi kita perasaan bahagia. Jika Anda merasa sulit untuk menambahkan secara alami, omega 3 juga tersedia dalam bentuk suplemen.

3. Makanan yang kaya vitamin D
Jamur, unggas dan susu adalah beberapa sumber vitamin D. akan tetapi, vitamin D juga dapat diamplifikasi melalui matahari, yang merupakan sumber alami. Ini membantu untuk mengatur kadar serotonin di otak, yang dapat menangkal depresi dan kecemasan.

4. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan asam folat, magnesium, vitamin C dan B6. Semua nutrisi mikro ini memainkan peran penting dalam mengatur banyak aktivitas otak.

5. Probiotik
Makanan yang kaya akan probiotik dan makanan fermentasi membantu menjaga bakteri baik dalam usus Anda. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus kita yang dikenal untuk membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan usus kita. Kesehatan usus yang baik memiliki efek menenangkan pada otak.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)