Tahukah Anda Andropause, Menopause pada Pria?

Rabu, 22 Juli 2020 - 02:33 WIB
loading...
Tahukah Anda Andropause, Menopause pada Pria?
Sama seperti wanita, pria pun menghadapi menopause, penurunan kadar hormon dalam tubuh antara usia 45 dan 65 tahun. Namun, gejalanya pada pria berbeda. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sama seperti wanita, pria pun menghadapi menopause, penurunan kadar hormon dalam tubuh antara usia 45 dan 65 tahun. Namun, gejala menopause pada pria biasanya berbeda dari pria ke pria. Pasalnya penurunan testosteron dan kadar hormon lainnya tergantung pada banyak faktor.

Dr Rashmi Rai, Kepala Medis dari Age Éhance Clinic mengatakan menopause tidak secara jelas didefinisikan sebagai periode menopause pada wanita, tetapi pria secara alami mengalami penurunan kadar hormon dan lebih khusus testosteron seiring bertambahnya usia. Fase ini secara medis disebut sebagai "Andropause" dan juga dikenal sebagai menopause pria.

Apa saja gejala menopause pria? "Andropause dapat menciptakan serangkaian gejala yang memengaruhi fungsi fisik, seksual, dan psikologis pria juga respons kekebalan tubuh," kata Dr Rashmi seperti dilansir The Indian Express.

Gejala yang terlihat, termasuk kelelahan bersama dengan kekuatan fisik yang rendah. Secara emosional, pria cenderung menderita kecemasan bersamaan dengan depresi dan perubahan suasana hati.

Dr Rashmi menekankan bagaimana gejala-gejala ini dapat menjadi hasil dari kondisi yang ada, seperti diabetes, stres tinggi, sistem pencernaan yang buruk, disfungsi usus, peradangan, alkoholisme, dan bahkan merokok. (Baca juga: 7 Hal yang Membuat Penasaran di Serial It's Okay to Not Be Okay ).

Namun, gejala-gejala tersebut biasanya berbeda dari manusia ke manusia karena penurunan testosteron dan kadar hormon lainnya tergantung pada banyak faktor. Tapi, pria umumnya mengalami disfungsi ereksi atau kurangnya hasrat seksual seiring dengan penurunan tingkat kepadatan tulang.

“Penting untuk memperhatikan dengan cermat perubahan perilaku dan gejala fisik sebelum orang dapat menyimpulkan bahwa mereka mengalami andropause. Dalam banyak kasus, seorang dokter perlu mengesampingkan masalah medis yang mendasarinya mengatasi akar penyebab yang dapat berkontribusi terhadap kondisi saat mendiagnosis jika seorang pria mengalami andropause atau menopause pria, ” jelas dia.

Menopause pria bisa diobati. Dr Rashmi menyarankan untuk melakukan BHRT, pendekatan dengan konsep one size yang cocok untuk semua pendekatan yang mencakup formulasi pribadi yang dirancang sesuai kebutuhan spesifik individu yang dimiliki dokter.

“Penggantian testosteron identik tubuh direkomendasikan ketika tubuh pria telah kehilangan kemampuan untuk memproduksi cukup hormon ini sendiri,” ujar Dr Rashmi.

Bahkan, herbal seperti ginseng atau ashwagandha juga dapat digunakan untuk mengobati andropause bersama dengan nutrisi, diet, dan koreksi ketidakseimbangan hormon yang optimal.

“Diet yang mengandung protein optimal adalah kuncinya. Makan lemak yang baik dan sehat seperti Omega 3 membantu membangun fondasi yang lebih baik untuk produksi hormone,” bebernya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)